2025-05-31 8:43

Inspirasi Literasi McD, Program Literasi McD untuk Anak Indonesia

Share

HARIAN PELITA — Sepanjang 2022, McDonald’s Indonesia sebagai brand yang dekat dan peduli dengan anak Indonesia berkomitmen untuk mendukung tingkat literasi anak melalui serangkaian program melalui kampanye “Inspirasi Literasi McD”.

Kampanye ini diwujudkan dalam bentuk beberapa program dilaksanakan McDonald’s dengan menyasar target yang beragam antara lain, penggalangan donasi buku bacaan anak, beasiswa pelatihan untuk guru, pelatihan kegiatan membaca nyaring atau read aloud untuk orang tua, dan penyediaan prasarana layak melalui renovasi Taman Baca Masyarakat (TBM).

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia Sutji Lantyka mengatakan, edukasi merupakan salah satu pilar pengembangan yang menjadi fokus McDonald’s Indonesia.

“Melihat rendahnya tingkat literasi anak Indonesia berdasarkan riset survei yang dilakukan oleh Program for International Student Assessment (PISA) di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada tahun 2019, tingkat literasi Indonesia berada pada peringkat yang rendah Mengacu pada hal ini, McDonald’s menyadari bahwa diperlukannya aksi nyata konsisten serta didukung dengan keterlibatan dari banyak pihak untuk meningkatkan literasi anak Indonesia,” tutur Sutji.

Kampanye Inspirasi Literasi McD diawali dengan inisiatif pengumpulan donasi buku dari pelanggan McDonald’s. Pada program ini, McDonald’s mengajak konsumen untuk dapat menyumbangkan buku bacaan anak yang masih layak baca di kotak donasi buku yang tersedia di 180 gerai McDonald’s di seluruh Indonesia.

Sebanyak 6.281 buku telah terkumpul dari konsumen hingga saat ini telah di distribusikan ke 120 Taman Baca Masyarakat yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Adapun pengelolaan buku dan penyebarannya, McDonald’s mendapatkan dukungan dari Forum Taman Bacaan Masyarakat (Forum TBM). Program donasi buku ini akan terus dilanjutkan hingga tahun depan dengan harapan dapat menyumbangkan lebih banyak buku berkualitas untuk anak-anak Indonesia.

“Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh McDonald’s bekerjasama dengan Forum TBM telah memberikan hasil nyata yaitu dengan memberikan alternatif buku bacaaan khususnya untuk anak di daerah, pada pelaksanaannya setiap kami mengambil dan mendistribusikan buku menjadi saat yang dinantikan oleh para relawan. Kami juga melihat di lapangan, antusiasme dari pelanggan McD sangatlah baik, semoga tahun depan akan lebih banyak buku yang terkumpul melalui program ini,” papar Aris Munandar selaku Ketua Bidang Program dan Kemitraan Pengurus Pusat Forum TBM.

Melanjutkan komitmen terhadap peningkatan literasi, McDonald’s juga mengadakan program khusus bagi para guru yang berupa beasiswa pelatihan bekerja sama dengan PGRI dan Klassku.

Kegiatan pelatihan ini telah diselenggarakan pada 27 Juni hingga 1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yang dapat dipilih oleh guru peserta, yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen Sains.

Beasiswa pelatihan ini telah diberikan kepada 1.000 guru SD dari berbagai daerah di Indonesia dan seluruh partisipan telah menerima sertifikat 64JP yang diterbitkan oleh PGRI dan dapat digunakan untuk memenuhi syarat kenaikan pangkat guru. ●Red/Rls/Ifa

One thought on “Inspirasi Literasi McD, Program Literasi McD untuk Anak Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *