2023-11-18 16:47

Kasus Korupsi Kejati Sumsel Geledah KPP Pajak dan Perusahaan Swasta

Share

HARIAN PELITA —- Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel) melakukan penggeledahan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Palembang Ilir Timur. Penggeledahan dilakukan untuk digelar untuk mencari bukti-bukti dugaan korupsi pengelolaan kewajiban perpajakan yang dilakukan oknum pegawai pajak.

“Tim Penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan melakukan penggeledahan sehubungan dalam Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pengelolaan Kewajiban Perpajakan Beberapa Perusahaan Yang Dilakukan Oknum Pajak Tahun 2019 sampai dengan Tahun 2021,” ujar Kasipenkum Kejati Sumsel, Vanny Yulia Eka Sari SH MH, Sabtu (18/11/2023).

Kejati Sumsel menerangkan, penggeledahan dilaksanakan berdasarkan Surat Penetapan Pengadilan Negeri Palembang No.11/PenPid.Sus-TPK-GLD/2023 tanggal 15 November 2023 dan Surat Perintah Penggeledahan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Nomor: PRINT-2096/L.6.5/Fd.1/11/2023 tanggal 13 November 2023.

Selain, KPP Pratama Palembang Ilir Timur di GKN Palembang pihak Kejaksaan juga menggeledah rumah tersangka RFG, NWP, serta rumah saksi NR dan sejumlah perusahaan di Palembang, Sumatera Selatan.

Adapun, sejumlah kantor perusahaan swasta yang digeledah oleh tim penyidik Kejati Sumsel diantaranya PT Tjong Santosa Abadi, PT Heva Petroleum Energi, PT Rizki Jaya Utama, dan PT Lematang Enim Energi. Kasus Korupsi pengelolaan perpajakan ini diperkirakan terjadi pada tahun 2019-2021.

Vanny Yulia Eka Sari mengatakan, bahwa dari berbagai tempat penggeledahan yang telah dilakukan penyidik menyita sejumlah data, dokumen barang bukti elektronik. Kemudian, barang bukti lainnya berupa surat dan lain sebagainya turut disita Kejati Sumsel berkaitan dengan perkara korupsi perpajakan tersebut.

“Bahwa dari hasil penggeledahan yang telah dilakukan pada tempat tersebut dilakukan penyitaan terhadap beberapa data, dokumen, barang bukti elektronik, surat dan benda lain-lain yang dianggap perlu,” kata Vanny. •Red/Dw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *