
Tinjau Kanim Tangerang, Silmy Karim: Sampaikan Langsung Jika Ada Kendala dalam Proses Pelayanan Keimigrasian
HARIAN PELITA — Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim tinjau langsung peningkatan
fasilitas pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang, Kamis (27/03/2023).
Ia juga memastikan bahwa sistem pelayanan yang diterapkan di kantor imigrasi tersebut
berjalan sebagaimana mestinya.
“Gedung Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Tangerang merupakan salah satu gedung
kantor imigrasi yang paling baik. Dalam hal ini, perlu dilakukan pemeliharaan yang
baik dan terus memperbaiki yang masih kurang baik. Saya harap fasilitas yang ada betul-betul dijaga dan ditingkatkan lagi untuk memaksimalkan tugas dan pekerjaan
pelayanan keimigrasian,” ujar Silmy.
Dalam diskusinya bersama jajaran Kantor Imigrasi Tangerang, Dirjen Imigrasi
menggali berbagai kendala yang dihadapi baik oleh petugas maupun masyarakat
pada proses pelayanan. Ia menekankan bahwa pimpinan perlu menyusun strategi dan berusaha membuat nilai tambah bagi organisasinya.
Dirjen Imigrasi mendorong agar para petugas imigrasi menyampaikan permasalahan
yang dihadapi untuk diselesaikan demi kebaikan bersama.
Selama peninjauan tersebut, Silmy juga menyempatkan diri untuk berbincang dengan
masyarakat yang sedang menunggu untuk proses biometrik dan wawancara.
Salah
seorang pemohon paspor yang datang bersama suami WNA pengguna Izin Tinggal
Terbatas (ITAS) dan anak-anaknya mengaku tidak perlu menunggu lama untuk
dilayani oleh petugas di Kantor Imigrasi Tangerang.
“Untuk Kantor Imigrasi Tangerang yang sedang mengupayakan agar naik kelas
menjadi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus, semoga prosesnya lancar. Saya minta agar
jajaran selalu dapat memberikan pelayanan prima, terus berupaya meningkatkan
kualitas pelayanan dan memberikan kepuasan yang sangat baik kepada masyarakat
yang membutuhkan jasa pelayanan keimigrasian,” tuturnya.
Rakha Sukma Purnama selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I non TPI Tangerang
menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan, arahan dan apresiasi Direktur
Jenderal Imigrasi beserta rombongan.
“Kami berkomitmen untuk terus berusaha
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat guna menunjang dan
mempertahankan citra positif Kemenkumhan khususnya Direktorat Jenderal
Imigrasi,” ujar Rakha. ●Red/IA