2023-07-07 8:33

Warga Jatinegara Zoom Metting Bareng Gubernur Saat Panen Sayur dan Buah Strawberry

Share

HARIAN PELITA –– Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Rawabadung Asri RW 07 menikmati hasil panen berbagai jenis sayur dan buah-buahan.

Saat menuai panen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan langsung kegiatan pertanian perkotaan (Urban Farming) melalui zoom meeting di Jakarta Timur.

Aselih yakni Ketua RW 07 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur menyampaikan warga di lingkungannya telah melaksanakan panen bersama. Menurut dia, jenis sayur mayur dipetik oleh sejumlah warga diantaranya seperti bayam, kangkung, daun seledri, terong, cabai dan tomat.

“Alhamdulillah kita dapat berkesempatan zoom bersama di perkebunan di wilayah RW 07. Kita cuma bersama dengan Bapak Gubernur DKI yaitu Bapak Anies Baswedan kita zoom bersama,” ungkap ketua RW 07.

Kemudian, sejumlah hasil panen juga lainnya juga dirincikan oleh Aselih baik tanaman lidah buaya, pohon anggur maupun buah strawberry di Pekarangan Pangan Lestari. Ia menambahkan, sistem cocok tanam dilakukan oleh warga sekitar dengan menggunakan media tanam polybag dan pot.

Akan tetapi, untuk sejumlah jenis sayur mayur seperti kangkung bayam dan cabai ditanam langsung diatas tanah yang berada disisi kantor sekretariat RW 07. Hasil panen juga dinikmati oleh warga sekitar dan selebih dipasarkan.

“Saya sih pengen ketahanan pangan di RW 07 bisa bermanfaat, khususnya buat warga RW 07 dan dan teman-teman kader P2L. Ini tambah semangat bercocok tanam disini untuk mencari manfaat sekaligus income untuk pemasukan,” kata Aselih.

Lebih lanjut, Aselih mengulas tanaman buah yang telah dipanennya. Kata dia, tanah di Jalan Rawabadung RW 07 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung ini dinilai cocok untuk menanam pohon strawberry. Namun demikian, untuk saat ini hasil panen strawberry tidak rata antara pohon yang satu dengan yang lain.

“Sistemnya bahkan bisa dua bulan baru keluar buahnya, ada yang baru tiga bulan baru keluar memang tidak rata. Karena kita juga masih belajar,” jelas ketua RW 07. ‚óŹRed/Dw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *