2023-09-22 12:37

Besok, Kementerian PANRB Akan Jelaskan Teknis Evaluasi RB Nasional

Share

HARIAN PELITA — Tahun ini, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) akan kembali melakukan evaluasi reformasi birokrasi nasional.

Untuk memastikan bahwa informasi teknis pelaksanaan evaluasi reformasi birokrasi nasional sesuai dengan Peraturan Menteri No. 9/2023, maka akan dilakukan sosialisasi dengan tema “Penjelasan Teknis Evaluasi RB Nasional dan Pengisian Rencana Aksi RB pada Portal RB Nasional”.

“Tujuan acara tersebut yakni, agar pelaksanaan reformasi birokrasi dapat berdampak positif pada hasil pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB Erwan Agus Purwanto saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/09/2023).

Erwan mengatakan evaluasi reformasi birokrasi perlu dilakukan dengan lebih berfokus terhadap hasil dibandingkan dengan proses. Hal ini dilakukan karena terdapat gap antara pelaksanaan reformasi birokrasi dengan hasil pembangunan.

Penjelasan Teknis Evaluasi RB Nasional dan Pengisian Rencana Aksi RB pada Portal RB Nasional akan digelar secara daring pada Jumat, 22 September 2023 pukul 08.30 WIB. Instansi pemerintah dapat menyaksikannya melalui kanal YouTube Kementerian PANRB dan RBKunwas.

“Kegiatan ini akan dihadiri oleh perwakilan unsur kesekretariatan (biro organisasi atau perencanaan) dan pengawas internal atau APIP pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Pada kegiatan ini, akan dipaparkan materi utama yakni gambaran umum evaluasi RB nasional yang akan dibawakan oleh Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Reformasi Birokrasi Kementerian PANRB Agus Uji Hantara.

Materi kedua adalah penjelasan teknis evaluasi RB tahun 2023 yang akan dibawakan oleh tim dari unit kerja Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB. Erwan berharap seluruh instansi pemerintah dapat memanfaatkan forum ini dengan baik untuk menggali informasi terkait evaluasi yang akan dilaksanakan. •Redaksi/Cr-34

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *