
Pelita Air Raih Penghargaan dari Regulator dan Stakeholder Industri Aviasi
HARIAN PELITA — Pelita Air dengan kode penerbangan IP meraih beberapa penghargaan dari regulator dan stakeholder industri aviasi.
Penghargaan diperoleh atas kinerja operasional dan pelayanannya yang dianggap terbaik dalam hal kinerja ketepatan waktu (on time performance) dan utilisasi slot penerbangan berjadwal.
Adapun sejumlah penghargaan tersebut diantaranya yaitu, penghargaan “Most on Time Performance Domestic Terminal 3 Soekarno Hatta” pada periode Winter 2023 dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II.
Kemudian penghargaan “Best in 2023” pada kategori “Utilisasi Slot Terbaik” dari Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah VI, Padang, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.
Selain itu Pelita Air juga memproleh penghargaan “Best On Time Performance” dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, PT Angkasa Pura I. Dalam hal ini, tiga penghargaan diperoleh Pelita Air.
“Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap komitmen Pelita Air dalam mengimplementasikan operational and service excellence, khususnya terkait on time performance di 2 bandara besar dengan trafik tertinggi di Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Pelita Air Service Dendy Kurniawan, Rabu (27/3/2024).
Dendy menegaskan, khususnya on time performance dan trafik tertinggi di Indonesia terdapat di dua bandara besar yaitu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara Juanda Surabaya. K
“Serta terkait utilisasi slot penerbangan kami di bandara-bandara di bawah naungan wilayah kerja Kantor Otban Wilayah VI. Berdasarkan penghargaan ini,” kata Dendy.
Dirut PT Pelita Air Service menyampaikan, bagi masyarakat atau pelanggan yang mengutamakan ketepatan waktu penerbangan menurutnya mereka dapat mengandalkan dan menggunakan Pelita Air.
Dendy mengatakan, Pelita Air.sebagai pilihan utama moda transportasi udara bagi masyarakat.
Penghargaan ini, diutarakan Dendy Kurniawan, merupakan buah kerja keras insan Perwira Pelita Air yang telah dengan konsisten menjaga kinerja ketepatan waktu dan utilisasi slot penerbangan.
“Manajemen menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan Perwira Pelita Air yang telah berkontribusi terhadap pencapaian tersebut. Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat untuk meraih pencapaian yang lebih baik lagi di masa yang akan datang,” jelasnya.
Sebagai informasi, penghargaan “Most on Time Performance Domestic Terminal 3 Soekarno Hatta” periode Winter 2023 disampaikan oleh pihak Manajemen Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada ajang “Best Performance Airline Winter 2023” yang digelar pada rangkaian kegiatan Rapat Pembahasan Operasional Summer 2024 dan Skema Lebaran di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada 22 Maret 2024.
Penghargaan ini diraih Pelita Air atas kinerja On Time Performance pada periode Winter 2023 yang mencapai 94,35%. Sementara itu, penghargaan “Best in 2023” pada kategori “Utilisasi Slot Terbaik” dari Kantor Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah VI, disampaikan oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah VI Capt. Megi H Helmiadi pada kegiatan Rapat Koordinasi Wilayah KOBU VI Tahun 2024 di Bukittinggi, Padang, pada 6 Maret 2024.
Sedangkan penghargaan “Best On Time Performance” dari Bandara Internasional Juanda Surabaya PT Angkasa Pura I disampaikan oleh General Manager Bandara Internasional Juanda Surabaya Sisyani Jaffar pada event HUT ke-60 Angkasa Pura I di Gedung Graha Satu Bandara Juanda Surabaya, 29 Februari 2024. Penghargaan ini diberikan Bandara Juanda kepada Pelita Air atas kinerja On Time Performance yang mencapai 97,76%.
Pelita Air, lanjut Dendy Kurniawan, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah, terutama Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN. Ucapan terimakasih juga disampaikan oleh Dendy atas koordinasi yang sangat baik, kepada pengelola bandara, yaitu PT Angkasa Pura I, PT Angkasa Pura II, dan berbagai pihak terkait lainnya, sehingga Pelita Air dapat mencapai kinerja operasional dan pelayanan terbaik. •Redaksi/Dw