2024-05-07 9:08

Kemenaker Apresiasi DKI Dukung Peningkatan Produktivitas Perusahaan di Jakarta

Share

HARIAN PELITA — Sebanyak tujuh perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar di wilayah Jakarta menerima penghargaan Siddhakarya Tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan langsung Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di salah hotel di Jalan Hayam Wuruk, Kebon Kelapa, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

Ketujuh perusahaan penerima penghargaan dibagi menjadi dua kategori yang terdiri dari Unggul dan Berkembang.

Direktur Bina Peningkatan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI Ghazmahadi mengapresiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang telah mendukung ekosistem peningkatan produktivitas berkesinambungan, sehingga perusahaan-perusahaan ini berhasil mempertahankan sekaligus meningkatkan produktivitasnya selama tiga tahun terakhir berturut-turut dari 2019, 2020 dan 2021.

“Penganugerahan ini mempunyai arti yang sangat besar, karena berkaitan dengan upaya besar kita bersama, mengangkat harkat dan martabat bangsa, para pengusaha kecil, menengah dan besar,” ungkap Ghazmahadi.

Ghazmahadi mengucapkan selamat kepada para pimpinan, manajemen, dan seluruh karyawan perusahaan yang telah terpilih mendapatkan penghargaan Siddhakarya Tahun 2022.

Para penerima penghargaan Siddhakarya ini dinilai patut merasa bangga sekaligus berkomitmen untuk mempertahankan prestasi yang telah diperoleh bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.

“Produktivitas haruslah merupakan gerakan komponen bangsa dimulai dari perumusan strategi, kebijakan dan program sampai dengan pelaksanaannya secara efektif, efisien dan masif serta berkelanjutan,” ucap Ghazmahadi.

Ia menjelaskan, penilaian performa perusahaan dalam rangka penganugerahan produktivitas dilakukan dengan memakai metode Sistem Manajemen Peningkatan Produktivitas (SIMPPRO). Hal ini sesuai Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 156 Tahun 2021 yang diadaptasi dari metode Business Excellence Malcolm Baldrige.

Kriteria metode ini berupa Kepemimpinan, Perencanaan Strategis, Fokus kepada Pengembangan dan Manajemen SDM, Fokus pada Pelanggan dan Perluasan Pasar, Data Informasi, dan Analisis, Manajemen Proses, Hasil Usaha dan Produktivitas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta Andri Yansyah mengutarakan, Siddhakarya diartikan Karya Prima dan merupakan penghargaan kualitas dan produktivitas tertinggi di tingkat atau level provinsi yang penyerahannya dilakukan gubernur pada setiap tahun genap.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan wujud pemerintah dalam mendukung ekosistem peningkatan produktivitas berkesinambungan. Produktivitas dinilai salah satu pengungkit daya saing, motor penggerak pembangunan berkelanjutan yang akhirnya meningkatkan derajat kesejahteraan.

“Pemberian penghargaan produktivitas diharapkan menjadi satu bentuk kepedulian negara agar standard of excellence in quality and performance berlaku dan dipertahankan perusahaan untuk membantu mencapai kualifikasi usaha kelas dunia,” tutur Andri.

Adapun tujuan Penganugerahan Produktivitas Siddhakarya  untuk mendorong dunia usaha, terutama usaha kecil dan menengah, untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas serta daya saing perusahaan.

Tujuan lainnya, mensosialisasikan kategori dan kriteria kinerja perusahaan unggul ke perusahaan untuk diimplementasikan, memfasilitasi pengembangan jejaring komunikasi antar pelaku dunia usaha.

“Penganugerahan ini memberikan pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan kecil, menengah dan besar yang telah berhasil dan unggul dalam peningkatan produktivitas,” tandas Andri.

Berikut tujuh perusahaan di Jakarta yang menerima penghargaan Siddhakarya:  

Kategori Unggul

I. PT. Inti Ganda Perdana (IGP).

II. PT. NGK Busi Indonesia.

III. PT. Tigaraksa Satria.

IV. PT. Era Jaya.

V. PT. Radian.

VI. PT Tiga Raksa.

Kategori Berkembang

I. Dapur Mamiku.
Redaksi/Dun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *