2023-07-02 3:59

Baznas dan Alfamart Gelar Khitanan Massal di Masjid Istiqlal

Share

HARIAN PELITA — Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bersama Alfamart menggelar khitanan massal kepada 65 anak kurang mampu di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (26/6).

Selain khitanan massal, sinergi Baznas dan Alfamart juga memberikan manfaat lain untuk masyarakat, di antaranya penyaluran Paket Logistik Keluarga yang berisi paket sembako dan Layanan Kesehatan Keliling yang akan melibatkan 12 Rumah Sehat Baznas seluruh Indonesia.

Program ini mencakup pengobatan gratis dan pemberian makanan sehat untuk masyarakat miskin, dan merupakan bagian dari pencegahan kemiskinan ekstrem serta penanganan stunting.

Beragam program itu merupakan hasil donasi konsumen Alfamart sepanjang  2023, yang sepenuhnya disalurkan melalui Baznas, serta bekerja sama dengan mitra yayasan dalam pelaksanaan penyalurannya. Periode Januari hingga Mei terkumpul sebesar Rp5.734.704.516.

Sedekah konsumen Alfamart adalah receh kembalian — kembalian antara 100 hingga 400 rupiah saat konsumen berbelanja, atau donasi yang diberikan secara sukarela dengan jumlah tertentu.

Disalurkan untuk beberapa program, seperti untuk program pendidikan, bantuan bencana, bantuan sosial, kesehatan dan sebagainya. Khitan ini adalah salah satu bentuk pemanfaatan itu.

Pimpinan Baznas RI Bidang Pengumpulan, H Rizaludin Kurniawan M.Si mengungkapkan rasa syukurnya terhadap kepedulian pihak Alfamart yang telah menaruh perhatian besar kepada langkah Baznas dalam membantu masyarakat.

“Insya Allah Baznas menerima amanah dari para konsumen Alfamart ini, yaitu Rp5.734.704.516, ini adalah sedekah konsumen Alfamart yang akan disalurkan melalui empat kegiatan, pertama adalah layanan kesehatan mobile klinik dan Rumah Sehat Baznas  yang ada di 12 kota, yang kedua kita ada edukasi penyuluhan kesehatan untuk santri dan pengasuh pondok pesantren, yang ketiga ada khitanan massal di 12 provinsi, di masing-masing provinsi ini 65 anak, keempat ada penyaluran paket logistik, paket logistik keluarga ini sebanyak 2.282, ini beberapa kegiatan dana konsumen Alfamart yang diamanahkan kepada kami,” kata Rizal.

Rizal juga menambahkan, khitanan yang diadakan sangat memberi manfaat pada pria yakni manfaat kesehatan, membantu kebersihan, perawatan, serta manfaat lainnya.

“Semoga setelah dikhitan, para anak dapat lebih mendekatkan diri pada agamanya, menjadi peduli dengan kebersihan diri, dan kesehatannya,” katanya.

Sementara itu Corp. Affairs Director PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), Solihin, menyebutkan jika pihaknya dan Baznas telah melakukan kerja sama sejak lama, di antaranya dalam pengelolaan sedekah konsumen Alfamart dan memberikan kemudahan dalam pembayaran zakat. Kemudian saat ini pihaknya bersama Baznas sepakat menyalurkan bantuan paket sembako dan pelayanan kesehatan gratis.

“Kegiatan hari ini merupakan kerja sama antara Baznas¬† khususnya dengan PT Sumber Alfaria Trijaya yang mempunyai jaringan dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh sampai dengan Jayapura. Donasi dari kembalian yang disedekahkan oleh konsumen Alfamart ini kami kumpulkan dan kemudian kami serahkan kepada Baznas. Baznas akan mengelola penyalurannya, dan kita tidak pernah serupiah pun menggunakan hasil donasi itu untuk biaya operasional kita, jadi Baznas lah lembaga yang sudah jelas eksistensinya sudah dipercaya dan diakui sehingga dalam penyalurannya tidak diragukan lagi,” ujar Solihin. ‚óŹRedaksi/Rls06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *