2024-05-13 9:25

Peduli Kesehatan Masyarakat, DPP FUHAB Gelar Khitan Massal Gratis

Share

HARIAN PELITA JAKARTA – DPP Forum Ulama dan Habaib (FUHAB) Jakarta menggelar khitan massal gratis di Kantor barunya di Jalan Hang Tuah X, Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru , Kota Administrasi Jakarta Selatan, Sabtu, (8/1/2022).

Dalam pidatonya pembukaannya, Ketua Umum FUHAB, KH. Muhammad Lutfi Zawawi mengucapkan terima kasih kepada KH. Yusuf Abdurraman, Tim dokter Kesdam Jaya, jajaran DPW FUHAB se DKI Jakarta dan seluruh pihak yang telah bekerja sama dan membantu terselenggaranya acara khitan massal yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Tabligh Akbar Doa Bersama untuk Negeri.

“Terima kasih kepada KH. Yusuf Abdurraman, seluruh tim dokter Kesdam Jaya, Bank DKI, Baznas, jajaran DPW FUHAB se-DKI Jakarta, tim kesehatan Kelurahan Gunung, Jakarta Selatan dan seluruh pihak yang telah bekerja sama dan membantu terselenggaranya acara ini,” tutur KH. Muhammad Lutfi Zawawi.

Ditempat yang sama, Ketua tim dokter khitan massal, KH. Yusuf Abdurraman, mengatakan khitan bagi laki-laki merupakan salah satu kewajiban ummat muslim untuk mensucikan dari yang kotor. Oleh karenanya laki-laki muslim wajib dikhitan.

“Khitan merupakan salah satu pemenuhan unsur ibadah. Menurut mashab Imam Syafei hukumnya wajib. Sehingga ketika anak sudah akil balik maka ibadahnya lebih diterima sebab bagian yang dapat menyimpan kotorannya sudah diangkat melalui khitan,” terang KH. Yusuf Abdurraman usai menghitan salah satu perserta.

Sementara itu, Ketua Panitia, H. Dedi Efendi, ST, MM mengatakan, perserta khitan massal yang berasal dari masyarakat umum di 5 (lima) wilayah DKI Jakarta tersebut merupakan salah satu program kerja dari sub divisi pemberdayaan masyarakat dan Kesra kesejahteraan rakyat) FUHAB Jakarta.

“Program khitan massal ini baru pertama kali diselenggarakan. Inshaa Allah nanti bisa dijadikan program rutin dari FUHAB. Semoga kedepannya kami bisa lebih meningkatkan jumlah perserta dengan pelayanan yang lebih baik lagi,” papar Dedi Efendi.

Usai dikhitan, masing-masing peserta yang berjumlah 102 orang tersebut mendapatkan bingkisan kopiah, baju koko, kain sarung dan uang saku.

Lebih lanjut Dedi berharap, semoga program kerja dari DPP FUHAB tersebut bisa terus berjalan dan diterima oleh masyarakat. Oleh karena FUHAB berharap terus mendapatkan dukungan dari masyarakat dan seluruh pihak baik materil mau pun imateril untuk bisa terus menggelar kegiatan sosial masyarakat selanjutnya.

Selain hiburan, giat khitan masal bertemakan “Peduli Kesehatan dari Masyarakat untuk Masyarakat” itu juga memberikan fasilitas cek kesehatan dan gula darah serta terapi pijat listrik. ●Red/Geng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *