2023-07-02 14:42

BPKP NTB Ajak Mahasiswa Unram Kawal Akuntabilitas Pembangunan Berkelanjutan

Share

HARIAN PELITA — Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Sidi Purnomo mengajak mahasiswa Universitas Mataram (Unram) mengawal akuntabilitas penyelenggaraan pembangunan berkelanjutan.

Keberhasilan mencapai target kinerja Pemerintah tidak terlepas dari komitmen dan sinergi dari seluruh elemen, baik kementerian, lembaga, pemerintah daerah, praktisi, akademisi, maupun masyarakat secara umum, katanya dalam acara “BPKP Goes to Campus” di kampus Unram, Rabu.

Disebutkan 40 tahun BPKP hadir untuk menjawab kebutuhan pemangku kepentingan dalam peningkatan akuntabilitas keuangan dan pembangunan.

Ia menambahkan BPKP sebagai Auditor Presiden memiliki peran untuk menggerakkan seluruh elemen tersebut untuk saling berkolaborasi dan bersinergi mewujudkan ketercapaian pembangunan yang berkelanjutan.

Salah satu wujud nyata yang dilakukan adalah dengan menyelenggarakan program “BPKP Goes to Campus” yang mengusung tema “Kolaborasi Mengawal Akuntabilitas untuk Pembangunan yang Berkelanjutan”, katanya.

Sementara itu Direktur Pengawasan Pengembangan SDM dan Kebudayaan mewakili Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK, Dikdik Sadikin, berharap agar para mahasiswa bisa turut serta menjadi pengawas keuangan negara.

Hal itu sebagaimana tagline kegiatan BPKP Goes To Campus yakni #MahasiswaSobatPengawasan, #KolaborasiMengawalNegeri, katanya.

Kegiatan BPKP Goes to Campus merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-40 BPKP.

Rangkaian kegiatan BPKP Goes to campus antara lain Campus Expo, Lomba Karya Tulis Ilmiah, Lomba Video Pendek, dan Lomba Infografis.

Kegiatan ini dilaksanakan di tingkat pusat dan di tingkat daerah pada 34 provinsi di Indonesia pada perguruan tinggi negeri dan swasta yang dilaksanakan secara serentak.

Unram menjadi tuan rumah dalam kegiatan BPKP Goes To Campus yang diselenggarakan oleh Perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan yang diikuti oleh 200 mahasiswa tersebut diselenggarakan di Gedung Dome Universitas Mataram.

Rektor Unram, Prof Ir Bambang Hari Kusumo memberikan apresiasi kepada BPKP atas kolaborasi yang telah dibangun selama ini.

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan BPKP Goes To Campus, bisa menjadi ladang berbagi ilmu kepada para mahasiswa terkait peran dan kontribusi BPKP.

Dalam acara itu juga, dilakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian kerja sama antara Unram dengan Perwakilan BPKP Provinsi NTB. ●Red/Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *