2024-05-02 18:42

Universitas Mercu Buana Sumbang Dua Sumur Resapan di Masjid At Tabbayun

Share

HARIAN PELITA — Universitas Mercu Buana (UMB), Kamis (25/4) pagi menyerahkan sumbangan dua Sumur Resapan (SR) di halaman Masjid At Tabayyun, Komplek Perumahan Taman Villa Meruya, Jakarta Barat.

Sumbangan dalam bentuk kubus Equator Modular Tank tersebut diserahkan secara simbolik oleh Dr Ir Albert Eddy Husin, perwakilan dosen UMB, Lurah Meruya Selatan Ghufri Fatchani.

Menurut DR Albert sumbangan itu merupakan wujud nyata dari program Proyek Pengabdian Masyarakat ( PPM) dari lembaga perguruan tinggi Mercu Buana.

PPM melibatkan para
mahasiswa S1 dan S1 Fakultas Tehnik Sipil UMB untuk melaksanakan kerja nyata termasuk riset dan memilih lokasi yang tepat untuk membuat SR.

“SR ini sumbangan UMB untuk warga Meruya Selatan. Kami dari Kelurahan yang diajak kerjasama, memilih lokasi yang tepat sasaran, yaitu di halaman Masjid At Tabayyun. Ini untuk menjamin kenyamanan jamaah beribadah tanpa gangguan genangan air di sekitarnya,” kata Ghufri.

Dosen Fakultas Tehnik Sipil UMB yang memimpin PPM Eka Nur Fitriani menceritakan keunggulan SR menggunakan Modulator Tank. Modular tank serupa blok-blok kubus yang terbuat dari bahan recycled polypropylene (PP) ringan.

Modular tank sebagai drainase (mengalirkan air di bawah permukaan tanah) dan berfungsi sebagai media untuk menyimpan air atau sumur/yangki resapan.

Modular tank dirancang dan dikembangkan dengan prinsip dan praktek manajemen terbaik untuk pengelolaan air diperkotaan yang ramah lingkungan.

SR sama, juga atas kerjasama dengan UMB, telah dipasang di halaman Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo. Konsep SR ini, recycling.

Air hujan ditampung lalu diolah untuk dapat dipergunakan menyiram tanaman bahkan air olahannya dapat dipergunakan untuk berwudhu.

DR Ir Albert dan Lurah Meruya Selatan Ghufri Fatchani berharap SR dapat berfungsi baik menyerap genangan air di musim hujan sehingga warga masyarakat merasakan langsung manfaatnya.

Ir Erlangga yang hadir mewakili pengurus Masjid At Tabayyun menyampaikan ucapan terima kasih kepada UMB dan Lurah Meruya Selatan atas pemilihan lokasi SR di halaman Masjid At Tabayyun. •Redaksi/Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *