2023-07-05 0:03

Workshop Jurnalistik Ajang Peningkatan Kapasitas Bagi Wartawan

Share

HARIAN PELITA — Jurnalistik Saat ini Merupakan Sebuah Pekerjaan atau kegiatan yang menuntut pelakunya untuk selalu mengupdate Informasi dari berbagai kejadian disekitar.

Hingga perlunya kegiatan berupa peningkatan kapasitas bagi jurnalistik sebagai langkah untuk menunjang kompetensi dan kemampuan para wartawan saat ini.

Pada Selasa 18 Oktober 2022 di Grand Parama Hotel dilangsungkan acara Workshop Jurnalistik Tahun 2022 diadakan oleh Pemerintah Daerah melalui Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Berau.

Acara ini sekaligus akan mengadakan pemaparan dari para narasumber dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk melihat seberapa kompetensi wartawan di Berau dan mengukur kemampuan dalam dunia jurnalistik.

Turut hadir Bupati Berau Sri Juniarsih, Asisten III Maulidiyah, Ketua PWI Kalimantan Timur Hendro, Ketua PWI Kalimantan Selatan Zainal, Dewan Kehormatan PWI Nurahman, Kepala OPD dilingkup Pemerintah Daerah, dan seluruh peserta Workshop Jurnalistik.

Dalam Sambutannya Endro S Efendi Ketua PWI Kalimantan Timur menyampaikan terimakasih kepada Bupati Berau yang telah menginisiasi acara ini untuk melakukan evaluasi yaitu Uji Kompetensi Wartawan.

Hendro pula sempat mengatakan dan menyayangkan banyak menerima laporan berkaitan kurang baik dari wartawan Berau, untuk itu dirinya berujar perlunya mengadakan Uji Kompetensi ini sebagai langkah untuk mengukur seberapa kompetenkah wawasan wartawan dan Kode Etik Jurnalik.

Lanjut dirinyapun menegaskan tupoksi wartawan itu ialah mencari informasi, mengolah informasi, menulis informasi menjadi Berita, sehingga siap di publish ke khalayak umum, tentunya sesuai Fakta dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Saya harap dengan adanya UKW ini yang di inisiasi oleh Pemerintah Daerah dan (PWI) Kab. Berau, wartawan dapat bekerja sesuai dengan tupoksi dan koridornya masing-masing serta mengenali kode etik jurnalis yang ada. ” Ujarnya

Sementara itu Bupati Berau Sri juniarsih menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Workshop Jurnalistik sekaligus UKW pada hari ini.

Sebagaimana diketahui Pers merupakan Pilar ke 4 demokrasi kebebasannya dilindungi oleh Undang-undang, dan menjadi pemantau independen terhadap segala pengaruh kuat dalam Kehidupan masyarakat.

Tambah Sri juga Berharap Pada para Awak Media yang ada untuk memperhatikan Kode Etik jurnalis dan peraturan yang berlaku.

Dalam dunia digital dan percepatan Informasi saat ini. Media mempunyai kekuatan yang besar untuk mempengaruhi publik baik dalam Ideologi, politik, dan juga budaya.

Sehingga Bupati ini berharap Informasi yang disampaikan oleh media Harus mengedepankan objektivitas dan mengetahui fakta dari berbagai narasumber, agar menjadi sebuah berita yang aktual dan dapat memiliki nilai informatif.

“Semoga dengan Diadakannya Workshop Jurnalistik dan UKW hari ini, rrakan-rekan Media lebih berkompeten, lebih dapat mengenal kode etik jurnalik sehingga mampu menjadi Wartawan yang, berakhlak dan berkarakter,” pungkasnya. ●Red/Fajar/TimBerau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *