2024-05-03 1:02

11 Akun Email IMF 2024 Dibobol Hacker

Share

HARIAN PELITA —  International Monetary Fund (IMF) merilis pernyataannya bahwa  mereka telah menjadi korban peretasan oleh pihak tak dikenal.

Hacker tak dikenal berhasil membobol 11 akun email IMF pada awal tahun 2024 ini.

Dikutip keterangan resminya via Bleeping Computer, Sabtu (16/3/2024), bahwa IMF mendeteksi aksi peretasan tersebut pada bulan Februari 2024.

Dikatakan IMF sebagai lembaga keuangan internasional kini sedang melakukan penyelidikan atas serangan pihak siber.

IMF belum menemukan bukti apakah pelaku serangan siber tersebut mendapatkan akses ke sistem atau sumber lain di luar akun email yang dibobol.

“International Monetary Fund (IMF) baru-baru ini mengalami serangan siber pada 16 Februari 2024,” ungkap organisasi tersebut.

Lembaga keuangan internasional juga menyebutkan, “investigasi selanjutnya, dengan bantuan pakar keamanan siber independen, menentukan sifat pelanggaran tersebut, dan tindakan remediasi telah diambil.”

Setelah melakukan penyelidikan, 11 akun email IMF memang terbukti telah disusupi. “Saat ini email terdampak telah diamankan kembali,” tulisnya.

Pihak IMF juga mengatakan, belum ada indikasi terjadi penyusupan lebih lanjut di luar akun email tersebut.

Meskipun IMF tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai pelanggaran tersebut, akan tetapi mereka mengonfirmasi menggunakan platform email berbasis cloud Microsoft 365.

Sebelumnya, kelompok hacker Midnight Blizzard Russian terkait dengan Badan Intelijen Luar Negari Rusia (SVR) mencuri email perusahaan Microsoft.

Beberapa hari kemudian, Hewlett Packard Enterprise (HPE) juga mengunkapkan peretas Rusia telah mendapatkan akses ke beberapa akun email Microsoft Office 365 dan banyak data sejak Mei 2023.

Tidak jelas apakah insiden ini ada hubungannya dengan pelanggaran keamanan yang menyebabkan pembobolan akun email IMF.

Pada tahun 2011, IMF dibobol hacker dalam insiden besar. Hal ini memaksa Bank Dunia tersebut membutuskan jaringan sebagai bentuk pencegahan lebih lanjut. •Redaksi/Liputan6/Alia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *