2023-07-07 9:53

Sabah dan Sarawak Dapat Manfaat dari Ibu Kota Baru Indonesia

Share

HARIAN PELITA — Sabah dan Sarawak akan mendapat manfaat dari keputusan Indonesia untuk memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke Kalimantan. Diharapkan akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2024.

Itu terungkap dalam briefing Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jakarta saat sesi meja bundar dengan Menteri di Departemen Perdana Menteri (Sabah dan Sarawak Affairs) Datuk Seri Dr Maximus Ongkili dan Menteri di Departemen Perdana Menteri (Ekonomi) Datuk Seri Mustafa Muhammad.

“Pergeseran ibu kota Indonesia ini diharapkan akan berdampak pada spillover ekonomi dan pembangunan yang mengalir ke Sabah dan Sarawak melalui ekonomi perbatasan,” kata Onkili seperti dikutip dari The Malaysian Serve.

Turut hadir dalam sesi tersebut Adlan Mohd Shaffieq, Kuasa Usaha Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia.

KADIN adalah organisasi payung terdiri dari kamar-kamar dan asosiasi bisnis Indonesia yang berfokus pada semua hal yang berkaitan dengan perdagangan, industri, dan jasa nasional dan internasional.

Dengan 34 kamar regional dan 524 cabang, ini adalah satu-satunya organisasi bisnis nasional yang diamanatkan oleh otoritas Indonesia untuk berbicara atas nama bisnis swasta, berhubungan dengan pejabat pemerintah dan mencakup semua sektor terkait.

Ongkili, memimpin delegasi Malaysia untuk kunjungan resmi selama seminggu ke Indonesia, menyoroti bahwa KADIN telah bekerja pada beberapa hal dengan pemerintah Malaysia untuk meningkatkan hubungan bilateral dan ekonomi.

Ia mengatakan perlunya pembangunan infrastruktur yang lebih baik serta pembentukan kontrol keamanan yang lebih baik seperti pengaturan Bea Cukai, Imigrasi,

Karantina dan Keamanan di semua titik masuk di sepanjang perbatasan Kalimantan – Sabah dan Sarawak.

Dia menambahkan bahwa Sabah dan Sarawak harus memanfaatkan peluang yang akan tersedia mengingat kedekatan kedua negara dengan ibu kota negara bagian baru Indonesia. ●Red/Alia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *