2023-07-02 16:48

Haul Guru Tua Ke-55 Ribuan Warga Memadati Jalan Sis Al Jufri

Share

HARIAN PELITA — Peringatan Haul Guru Tua Habib Sayid Idrus bin Salim Al Jufri ke-55 yang puncaknya jatuh pada hari Rabu (3/5/2023) menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Tengah, maupun dari berbagai penjuru daerah lain.

Hal itu terlihat dari berduyun-duyunnya ribuan warga yang datang memadati Kawasan religi sepanjang jalan Sis Al Jufri, kelurahan Kamonji, kecamatan Palu Barat, Kota Palu sejak beberapa hari lalu.

Kehadiran warga tersebut selain untuk berziarah ke makam GuruTua, juga demi menyaksikan berbagai kegiatan festival Raudah dan lomba seni Islami yang berlangsung sejak 30 April lalu.

Sebagaimana dijelaskan ketua panitia Haul, Habib Hasan Al Jufri, pelaksanaan Haul Guru Tua ke-55 tahun ini akan dihadiri tamu yang diperkirakan sebanyak 70 ribu dari berbagai pelosok Indonesia.

“Kecintaan masyarakat Abnaul Khairaat yang semakin dalam kepada Guru Tua semakin membuat antusias mereka untuk menghadiri Haul ini,” katanya.

Adapun rangkaian kegiatan Haul Guru Tua yang dimulai sejak 30 April lalu ditandai dengan Opening Gate (Pembukaan pintu gerbang), dilanjutkan dengan pembukaan dan pengantar pembacaan do’a, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan-sambutan dan tausiah ketua umum PB Al Khairaat, story telling sejarah Guru Tua, pembacaan syair Guru tua, ditutup dengan lomba seni Islam-Jepang dan Hadrah, serta pemutaran film sejarah Guru Tua.

Di hari ke-2 (1/5/2023) kegiatan diisi dengan lomba kategori Pendidikan qira’atul Qutub, cerdas-cermat, pidato berbahasa Indonesia, pidato berbahasa Arab, lomba baca puisi, pertunjukan lomba pencak silat, lomba panahan, dan pameran sejarah Islam di tanah Kaili.

Sedangkan di hari ke-3 (2/5/2023) rangkaian kegiatan diisi dengan perlombaan Hifddzil Qur’an, lomba Silat, dan malam Raudah.

Pada hari Rabu (3/5/2023) ini yang merupakan puncak peringatan Haul Guru Tua, juga diisi dengan acara soundtrack dan finalisasi persiapan penutupan Haul Guru Tua, yang di dalamnya dikemas rangkaian kegiatan pembacaan ayat suci Al Qur’an, menyanyikan Mars Al Khairaat, sambutan ketua PB Al Khairaat, sambutan Walikota Palu, penyerahan hadiah perlombaan. ●Red/jat/saf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *