2024-05-02 19:42

Launching Pepadu Sakti, Pj Bupati Lotim Apresiasi Kerjasama Dukcapil dengan RSUD

Share

HARIAN PELITA — Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim) me-launching program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (Pepadu Sakti) kerjasama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan RSUD R Sudjono Selong.

Kegiatan berlangsung di Aula Lantai 2 Rumah Sakit Umum Daerah dr R Sudjono Selong, Selasa (16/4/2024).

Program tersebut merupakan merupakan inovasi hasil Kerjasama antara dinas Dukcapil Kabupaten Lombok Timur dan RSUD dr R Sudjono Selong guna mendukung pelayanan Kesehatan di rumah sakit dan membantu tercapainya Universal Health Coverage (UHC) di Lombok Timur tahun 2024.

Pj Bupati HM Juaini Taofik mengapresiasi kerjasama yang terjalin baik antara Dinas Dukcapil dan RSUD dr R. Sudjono Selong sehingga muncul program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi yang disebut “Pepadu Sakti” itu.

Juaini Taofik mengingatkan usai acara launching semua pihak harus semangat dan senantiasa konsisten serta menerapkan budaya melayani dengan sepenuh hati sehingga tidak ada lagi keluhan-keluhan dari masyarakat terkait pelayanan yang diberikan.

“Jika ada kekurangan dana dan ada masalah lebih baik segera diinformasikan kepada kami supaya keluhan Masyarakat segera teratasi,” ujarnya.

Bupati Juaini Taofik berharap program itu bisa dikembangkan di rumah sakit lain, khususnya yang ada di Lotim.

Program ini bisa dikembangkan di Rumah Sakit Patuh Karya, ataupun Rumah Sakit Selaparang.

Ia pun menekankan agar tidak saja rumah sakit, tetapi juga OPD semakin peduli dengan memberikan pelayanan optimal, utamanya kepada masyarakat yang kurang mampu dan disabilitas.

“Harus lebih tingkatkan kepekaan kepada Masyarakat yang tidak mampu dan disabilitas, terutama yang miskin ekstrem,” katanya.

Pada kesempatan itu ia juga menekankan agar seluruh OPD mengimbau tenaga non ASN untuk mengikuti tes CPNS mengingat pemerintah pusat sudah menyediakan 1600 formasi, khusus bagi Lombok Timur.

Ia pun menegaskan agar OPD tidak lagi menambah tenaga non ASN.

Direktur RSUD dr R Sudjono Selong Hasbi Santoso mengatakan RSUD dr R Sudjono Selong akan membuka pelayanan selama 24 jam untuk Pepadu Sakti.

“Pelayanan yang disediakan diantaranya perbaikan NIK belum online menjadi NIK online, penerbitan KK/KTP, penerbitan KIA, akta kelahiran, akta kematian serta penerbitan KTP bagi pasangan yang ditinggal meninggal,”. •Redaksi/Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *