2024-05-05 11:25

Pemkab Bangka Gelar Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2023

Share

HARIAN PELITA — Pemerintah kabupaten Bangka melaksanakan upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah tahun 2023 berlangsung di halaman Kantor Bupati, Selasa (2/5/2023).
.
Upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah tahun 2023 diikuti seluruh instansi vertikal di Kabupaten Bangka, ASN Pemkab Bangka serta pelajar.

hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Bangka Mulkan, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Andihudirman, para Forkopimda Kabupaten Bangka,para Kepala OPD serta undangan.

Bupati Bangka Mulkan selaku pembina upacara mengatakan dengan adanya kurikulum merdeka para guru berlomba lomba dengan adanya merdeka mengajar.

Selain itu guru guru yang dirugikan dengan adanya aturan yang lalu sekarang lebi bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka, terang Mulkan.

Pada kesempatan sama juga Pemkab Bangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke 27 jatuh pada 29 April 2023.

“Sebagai mana kita ketahui otonomi daerah sebagai hakekatnya memberikan sebagian besar kewenangan,khususnya kewenangan konfuren yang diberikan kepada daerah,” katanya.

Dengan adanya otonomi daerah dimana sistem pemerintah yang awalnya bersifat sentralistik berubah menjadi dentralistik.

“Jika kita melihat pembagian urusan pemerintah terdapat pembagian urusan pemerintah yang absulot,” ujarnya.

Sedang untuk pemerintah daerah terdapat 32 urusan konfuren antara pemerintah pusat dan pemerinta daerah terdapat 6 urusan wajib terkait pelayanan dasar.8 urusan wajib tidak terkait dengan pelayanan dasar,dan 8 urusan pilihan yang menjadi dasar otonomi daerah.

Dikatakan Mulkan sejak diberlakukannya Undang-undang Oomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah ,pilkada secara langsung untuk pertama kalinya juga terjadi pada era otonomi daerah ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Capaian lainnya adalah terkait dengan pengendalian inflasi daerah sebagai mana arahan bapak presiden pada rapat koordinasi nasional kepala daerah dan forkopimda di SCCI tanggal 17 Januari 2023 silam, ujar Mulkan. ‚óŹRed/Hry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *