2023-11-11 16:50

Pemkab Labuhanbatu Peringati Hari Pahlawan

Share

HARIAN PELITA — Dalam rangka Peringatan Hari Pahlawan ke 78 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar upacara Bendera di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara, Jumat (10/11/2023).

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke 78 dipimpin Wakil Bupati Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM dan bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten. Arm. Dosran Manuju Siregar.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd.,MM mengatakan Hari Pahlawan ke 78 ini mengusung tema “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

“Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” kata Wabup.

Dikatakan Wabup, ancaman dan tantangan ini akan kita taklukan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah menang, tapi bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai – nilai perjuangan.

Lebih lanjut, Wabup mengungkapkan pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

“Para pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora, Merdeka atau mati,” Ungkapnya.

Mengakhiri pidatonya, Wabup menyampaikan dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat adil dan makmur. Serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan masa depan yang lebih baik.

“Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadi Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2023, mari kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur mendahului kita,” tutup Wabup.

Usai melaksanakan upacara bendera, Wabup Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd., MM didampingi Forkopimda melaksanakan ziarah ke makam pahlawan, Jl. Ahmad Yani, Kecamatan Rantau Utara.

Sebelumnya, Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd., MM juga menyerahkan hadiah lomba Video Profil Sekolah yang dilaksanakan DPD KNPI Labuhanbatu

Turut hadir Forkopimda, Kakan Kemenag, Para Asisten Setdakab, Para Pimpinan OPD, Para Camat, PKK, Dharma Persatuan Wanita, Pramuka, Ibu Bhayangkari, Ibu Persib, Para Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tamu Undangan Lain. •Red/Ad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *