2024-05-06 10:36

Sekda Butur Resmikan Rumah Data Kependudukan

Share

HARIAN PELITA BUTON UTARA – Mewakili Bupati Buton Utara, Sekda Muhammad Hardhy Muslim resmikan rumah data kependudukan di Desa Langke Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara, Selasa 21 Desember 2021.

Jenderal ASN Butur ini mengatakan, ketersediaan data dan informasi kependudukan yang akurat menjadi salah satu prasyarat wajib bagi pembentukan kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Pasalnya, data kependudukan dapat bersumber dari hasil pendataan keluarga, data potensi desa dan data catatan sipil ataupun sumber data lain yang berkualitas. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar penetapan prioritas, sasaran dan program yang akan dilaksanakan di suatu wilayah kampung KB secara berkesinambungan,”jelasnya saat beri sambutan di Balai Desa Laangke.

Kendati demikian, pemenuhan akan kebutuhan data tersebut, diharapkan bisa terpenuhi melalui rumah data kependudukan. Kampung keluarga berkualitas (Kampung KB) dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat desa,”kata Hardhy.

“Kalau data kita akurat dan valid, in sja Allah perencanaa dan kebijakan program pembangunan bakal tercapai dan sukses. Karena data valid itu sebagai alat ukur dalam membuat perencanaan kegiatan agar dirasakan langsung oelh masyarakat,”.

Selain itu, Hardhy menjelaskan, keberadaan kampung KB juga bertujuan untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat dalam rangka pembangunan sektor ekonomi.

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan, menjadikan kepemilikan data yang sangat bermanfaat, akurat dan tepercaya.

Rumah Data merupakan tempat untuk mengidentifikasi masalah seperti anak kurang gizi, stunting, belum mempunyai akte kelahiran, banyaknya angka pengangguran, keluarga kurang mampu, keluarga yang rentan ketahanannya atau keluarga yang masih termasuk kategori PUS tetapi belum KB,” tutupnya. ‚óŹRed/AN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *