2024-05-07 10:23

Sosialisasi Penyelesaian Penanganan Konflik Tenurial Kawasan Hutan, Bupati sebut Ini Wadah Bertukar Informasi

Share

HARIAN PELITA — Bupati Berau Sri Juniarsih menghadiri sekaligus membuka, acara Sosialisasi Penyelesaian Penanganan Konflik Tenurial Kawasan Hutan, Potensi dan Resolusi Konflik di Kabupaten Berau, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur, turut hadir Ketua DPRD Berau Madripani, Sekertaris Daerah, M. Gazali.

Dalam sambutannya, Sri menyebut mewakili Pemkab Berau dirinya sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Kehutanan dan Dinas Kehutanan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Ini sebagai wadah bertukar informasi dalam membaha dan menangani konflik wilayah tetorial hutan yang ada di Berau, Baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi,” ungkapnya.

Beberapa potensi konflik dijelaskannya, diantaranya yaitu adanya tumpang tindih perijinan maupun  status kawasan lahan yang tidak jelas.

“Tentunya ini berpotensi konflik lahan terhadap masyarakat adat ataupun kampung ” Ujarnya.

Dirinya berharap pada Dinas Kehutanan Provinsi agar senantiasa jeli dalam memperhatikan potensi konflik yang terjadi di masyarakat, baik antar masyarakat, maupun antar kelompok.

“Kami berpesan, dalam hal penanganan konflik hendaknya dapat dilakukan secara humanis, sehingga tidak ada yang dirugikan,” pungkasnya. ●Red/Fajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *