2024-05-04 6:37

Cara Menyaksikan Gerhana Cincin Api dari Indonesia Pekan Depan

Share

FOTO: Gerhana Matahari Cincin Api Annular. •Tangkapan Layar Youtube NASA

HARIAN PELITA — Gerhana Matahari Cincin Api diprediksi akan muncul pada pekan depan. Sayangnya, ini jadi satu-satunya fenomena gerhana yang tidak bisa dilihat dari Indonesia.

Namun tenang, Anda masih bisa menyaksikannya secara online. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyiapkan siaran langsung di beberapa kanal yang dimiliki pada mulai dari 14 Oktober 2023 pukul 11:30 ET atau 22:30 WIB.

Melansir CNN International, Sabtu (7/10/2023), NASA akan membagikan penampakan Gerhana Matahari Cincin Api itu dari berbagai lokasi. Yakni Albuquerque, New Mexico, Kirbyville, Texas, dan White Sands.

Live Streaming akan dilakukan di website resmi NASA (www.nasa.gov) dan aplikasi NASA. Tayangan langsung juga akan disiarkan di sejumlah akun media sosial milik lembaga itu yakni X atau Twitter (https://twitter.com/nasa), Facebook (https://www.facebook.com/events/257401430535836), dan Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=LlY79zjud-Q).

Sebagai informasi Cincin Api merujuk pada letak Bulan yang berada di titik terjauh dari orbitnya. Jadi akan membuat satelit Bumi itu tidak bisa menghalangi permukaan Matahari sepenuhnya.

Sisa cahaya Matahari yang tidak tertutup akan mengelilingi bayangan Bulan. Penampakan itulah yang akan terlihat seperti cincin api.

Gerhana Matahari ini akan terlihat di langit Amerika Utara. Yakni terjadi pada 14 Oktober 2023 dimulai pada 12:13 ET (11:13 WIB) hingga 13:03 ET (00:03 WIB 15 Oktober 2023).

Ini akan bisa dilihat dari pantai Oregon ke Pantai Teluk Texas, Oregon, Nevada, Utah, New Mexico, dan Texas. Selain itu gerhana juga bisa dilihat di beberapa wilayah California, Idaho, Colorado, dan Arizona.

Gerhana juga dapat dilihat di Meksiko, Belize, Honduras, Panama, dan Kolombia. Gerhana Matahari Cincin Api akan berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

Jika Anda punya kesempatan melihat fenomena ini secara langsung, disarankan tidak melihat langsung ke langit. Anda harus menggunakan pelindungan khusus untuk mata karena cahaya Matahari tidak terhalang sepenuhnya.

Gunakan kacamata gerhana bersertifikat. Selain itu juga bisa mengamatinya dengan teleskop ataupun kamera dengan filter Matahari khusus. •Redaksi/CNBC/CNN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *