2024-05-03 10:58

Pengamat Kebijakan Publik Menilai Rakyat Memantau Hasil Debat Cawapres

Share

HARIAN PELITA — Debat cawapres baru saja digelar pada Minggu 21 Januari 2023, dalam debat tersebut cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD terlibat adu argumentasi yang sengit.

Pengamat Kebijakan Publik yang juga Koordinator Presidium Demokrasiana Institute, Zaenal Abidin Riam, menilai performa para cawapres dalam sesi debat menjadi catatan tersendiri bagi masyarakat khususnya bagi mereka yang menjadikan debat pilpres sebagai indikator untuk menjatuhkan pilihan pada Paslon tertentu.

“Setelah sesi debat semalam, masyarakat akan memberikan penilaian tersendiri terhadap setiap cawapres. Oleh sebab itu panggung debat mesti dijadikan momen untuk menunjukkan kualitas cawapres dengan memperdebatkan hal yang subtansial,” ungkap Zaenal Abidin Riam di Jakarta, Senin (22/1/2024).

Lebih lanjut Zaenal Abidin Riam mengingatkan agar panggung debat pilpres benar-benar digunakan sebagai ajang pendidikan politik bagi masyarakat.

“Orientasinya seharusnya bukan hanya bagaimana menggaet pemilih melalui performa di panggung debat, yang jauh lebih penting dari itu adalah menyajikan pendidikan politik bagi rakyat melalui panggung debat,” terang Zaenal Abidin Riam.

Rakyat yang nantinya bertindak sebagai pemilih memiliki hak konstitusional untuk mendapatkan gagasan yang berkualitas dari calon pemimpin nasional, bagian ini sepatutnya menjadi perhatian bersama bagi semua paslon.

“Latar belakang diadakannya debat pilpres adalah untuk menguji kualitas visi misi Paslon, gagasan mereka diuji di panggung debat, dari situ masyarakat mampu menilai gagasan Paslon mana yang paling kompetitif dan berkualitas, jadi selain rekam jejak, gagasan itu sangat penting bagi setiap Paslon,” pungkas Zaenal Abidin Riam. •Redaksi/Gun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *