2023-07-08 7:43

Astrabi Diminta Kawal Silat Betawi Agar Jadi Ekstrakurikuler

Share

HARIAN PELITA — Yusron Syarief resmi menjadi Ketua Umum Asosiasi Pencak Silat Tradisi Betawi Indonesia (Astrabi) menggantikan Anwar Albatawi yang wafat pada 26 Juli tahun lalu.

Dewan Pembina Astrabi Beky Mardani berharap, Pengurus Pusat Astrabi tetap solid dan kompak, melanjutkan amanah dan perjuangan almarhum Anwar Albatawi yang mempunyai cita-cita mulia yakni menjadikan silat tradisi berprestasi baik di level lokal, domestik, maupun internasional.

“Selain itu, Astrabi harus siap melanjutkan program-program yang belum sempat terlaksana akibat pandemi Covid-19 dua tahun terakhir,” ujar H Beky dalam keterangan persnya, Kamis (6/1).

Beky Mardani yang juga Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) mengingatkan agar Astrabi mempersiapkan diri mengawal dan menjadikan silat atau maen pukul Betawi sebagai ekstrakulikuler sekolah-sekolah di Jakarta.

“Ini sejalan dengan muatan lokal yang diajarkan di sekolah-sekolah di Provinsi DKI Jakarta,” katanya.

Yusron Sjarief usai terpilih dalam Musyawarah Istimewa Astrabi, Rabu (5/1) di Gedung RMB Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan,
menegaskan, dengan dinyatakan silat sebagai WBTB oleh UNESCO, Astrabi akan ikut mewarnai wajah warisan budaya tak benda asal Indonesia ini.

“Karena itu, Astrabi harus tampil sesuai dengan marwahnya sebagai bagian budaya Betawi dan Indonesia yang sebenarnya,” ucapnya.

Pencak silat sendiri secara umum sudah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Bukan Benda.

Di balik pengakuan UNESCO tersebut, ada sosok Yusron Sjarief yang biasa disapa Bang Ucon. Mantan jurnalis TV ini merupakan salah seorang yang mengantarkan silat hingga ditetapkan
pada Sidang ke-14 Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage di Bogota, Kolombia, pada 9-14 Desember 2019. ‚óŹDunih Mutani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *