2023-07-04 2:47

BNNK Jaksel Rilis Kinerja Akhir Tahun 2022 dan Rencana Kinerja Tahun 2023

Share

HARIAN PELITA — Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Jakarta Selatan Gazali Ahmad memberikan keterengan pers terkait kinerja BNNK Jakarta Selatan sepanjang tahun 2022 dan Rencana Kinerja Tahun 2023 di Markas BNNK Lantai 14 Gedung Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat, (30/12/2022).

Sepanjang tahun 2022, BNNK Jakarta Selatan telah melakukan tindakan preventif untuk membentuk ketahanan diri serta daya tangkal terhadap penyalahgunaan Narkoba.

Diantaranya adalah membentuk 6 (enam) Kelurahan (Kelurahan Ulujami, Kelurahan Manggarai, Kelurahan Manggarai Selatan, Kelurahan Cipete Utara, Kelurahan Pondok Labu, dan Kelurahan Karet Kuningan) Bersinar (Bersih Narkoba) dengan melakukan intervensi program P4GN di wilayah perkotaan rawan narkoba bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman serta bersih dari penyalahgunaan narkoba.

“Ditahun 2022 untuk bidang pemberdayaan masyarakat BNNK Jakarta Selatan telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan alernatif bagi masyarakat kawasan rawan narkoba oleh Deputi Dayamas BNN RI dengan giat pelatihan kuliner kue di Kelurahan Pejaten Timur dan giat pelatihan sablon kaos di Kelurahan Cipete Utara. Mungkin nanti dari kita bias bantu untuk pesan dan order sablon disana,” papar Gazali Ahmad.

Tak hanya itu, Gazali Ahmad juga memaparkan beberapa hasil kinerja opersai gabungan tim bidang pemberantasan BNNK Jakarta Selatan diantaranya yakni;

1. Operasi gabungan tim pengawasan orang asing bersama kantor imigrasi kelas 1 non TPA Jakarta Selatan di Apartemen Kalibata City dan Kebagusan City 28-29.

2. 1 lkn narkotika dengan barang bukti ganja sintetis 4,8 gram dan 2 laporan penyelidikan serta 170 berkas rekomendasi tim asesmen terpadu.

3. Operasi gabungan tempat hiburan malam bersih narkoba (THM Bersinar) bersama BNNP DKI Jakarta pada 16-17 Desember 2022.

4. Operasi kampus bersih narkoba di Universitas Nasional Jakarta Selatan bersama BNNP DKI Jakarta pada 27 Desember 2022.

“Pada tim bidang rehabilitasi BNNK Jakarta Selatan tahun 2022 telah melaksanakan kegiatan pascarehabilitasi dengan menggandeng lrip (lembaga rehabilitasi instansi pemerintah) dan lrkm (lembaga rehabilitasi komponen masyarakat) yang menjalin kerjasama dan memperoleh bimtek dari BNNK Jakarta Selatan. Per November 2022 klinik BNNK Jakarta Selatan telah melayani sebanyak 223 klien dengan kapasitas layanan rawat jalan per tahun 240-360 orang. Sedangkan pada kelurahan bersinar telah dibentuk intervensi berbasis masyarakat (ibm), yaitu intervensi di bidang rehabilitasi terhadap penyalah guna dirancang dari masyarakat. untuk masyarakat dan oleh masyarakat sesuai dengan kearifan lokal. dengan tujuan untuk memberikan intervensi pada tingkat yang membutuhkan layanan bina lanjut dalam konteks rehabilitasi,” ungkap Gazali.

Sementara itu, untuk mencegah dan menyelamatkan generasi muda Indonesia pada rencana kinerja tahun 2023 BNNK Jakarta Selatan akan menyasar sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga SMA/sederajat se-Jakarta Selatan dengan memberikan secara lebih intensif penyuluhan dan penerangan terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Alhamdulillah Kami telah melakukan koordinasi dengan Kasudindik 1 dan Kasudindik 2 Kota Jakarta Selatan. Dengan bantuan para awak media dan semua pihak kita bisa mewujudkan Kota Jakarta Selatan,” pungkas Gazali Ahmad, SIK, M.H. ●Red/Abah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *