2023-07-07 14:47

Jembatan Penyeberangan Orang di Jakarta Tempat Bertemu dan Menyatukan Rasa

Share

HARIAN PELITA — Apa yang dibangun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta merupakan kebanggaan warga DKI Jakarta.

Apalagi bukan sekadar dibangun namun ada makna dalam yaitu tempat dimana orang akan bertemu dan menyatukan rasa.

Misalnya Jembatan Penyeberangan Orang dan Sepeda (JPOS) Phinisi di Karet Sudirman resmi mulai digunakan sejakJumat (11/3/2022) sore.

JPOS ini adalah ruang ketiga di antara tempat bekerja dan tempat tinggal. Fasilitas untuk mobilitas tak melulu soal berpindah tempat bagi pejalan kaki, pengguna transportasi publik, dan (kini juga) pesepeda, tapi juga soal pengalaman.

Ketika melewati JPOS ini kita bisa menikmati kemegahan jalan utama di Jakarta, mengenang tenaga kesehatan yang wafat berjuang saat pandemi melanda, dan membangun interaksi antarwarga yang berkunjung dari penjuru Jakarta dan dari seluruh Nusantara.

Revitalisasi dilakukan karena kondisi eksisting JPO Karet telah mengalami kerusakan, pelemahan struktur, dan tampilan yang telah kusam sehingga tidak layak dan tidak aman untuk digunakan. JPOS ini dirancang untuk bisa memfasilitasi masyarakat. Termasuk pesepeda bisa menyeberang.

Dengan adanya jembatan penyeberangan ini, pesepeda kini punya akses putar balik di tengah untuk berpindah dari sisi Barat ke Timur atau sisi Timur ke Barat Sudirman.

JPOS ini dilengkapi anjungan bertema Kapal Phinisi dan galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menangani pandemi COVID-19.

Sebagian dari mereka telah berpulang, dan nama-nama mereka dipatri permanen di tempat ini sebagai bentuk penghargaan.

JPOS Phinisi sudah terintegrasi dengan halte TransJakarta Karet. Fasilitas lift pada JPO yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat disabilitas, lansia, ibu hamil dan sepeda. Fasilitas lainnya adalah sensor beban, CCTV, Anjungan Pandang, serta Lampu Dekoratif dan Artistik (RGB Futuristik).

Semoga dengan keberadaan JPOS Phinisi ini akan menjadikan Kota Jakarta sebagai kota yang warganya tangguh, ulet dan sebagai kota global yang diperhitungkan di kancah internasional. ‚óŹRed/Asoha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *