2024-03-31 1:11

Kapolsek Palmerah Gelar Apel Cipta Kondusif Berskala Besar

Share

HARIAN PELITA — Kapolsek Palmerah menggelar apel Cipta Kodusif di halaman Polsek Palmerah Jalan Palmerah Barat, Kelurahan Palmerah, Kecamatan, Palmerah Jakarta Barat, Minggu (30/3/2024) malam.

Hadir dalam acara itu Personel Polsek Palmerah, LMK Kelurahan Palmerah, Pokdarkamtibmas Citra Bhayangkara, Satpol PP, Personel Kepolisian Pasukan Presisi dan FKDM Kelurahan Palmerah.

Kabagop Kapolres Jakarta Barat AKBP Randi mengatakan, pada kesempatan apel persiapan patroli skala besar pada Minggu ini, mengajak semua mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT, karena sampai dengan hari ini masih diberikan nikmat sehat, nikmat iman.

“Sehingga kita masih bisa yang pertama menunaikan ibadah puasa, dan kemudian kita juga masih bisa berkumpul, kolaborasi, bersinergi untuk bersama-sama menciptakan situasi tertib siap kondusi,” ucap AKBP Randi.

Lanjut AKBP Randi, pada setiap pelaksanaan patroli skala besar dengan kondisi 3 Pilar, pihaknya selalu menekankan dua hal, yang pertama dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif khususnya selama menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini, Kapolda Metro Jaya mengeluarkan maklumat.

“Maklumat tentang strategi cara berpindah untuk kita sama-sama bisa menciptakan suasana dibulan puasa supaya tetap kondusif,” pungkasnya.

AKBP Randi mengatakan, yang pertama melarang penggunaan mercon maupun petasan. Kemudian kedua melakukan kegiatan berpotensi adanya gesekan.

Seperti Sahur On the Road (SOTR), konvoi, atau mungkin kegiatan pembagian takjil yang kurang pas.

Akan lebih baik apalabila pembagian takjil itu dipusatkan disatu tempat, seperti yang sudah dicontohkan oleh Polres Jakarta Barat dan Polsek Palmerah didepan Mako Polsek dan Polres.

“Itu akan lebih kelihatan elegan dan pantas. Karena masyarakat yang melintas pasti akan berhenti untuk sekedar mengambil takjil pada saat jam-jam buka puasa,” ujarnya.

Kemudian maklumat berikutnya, membatasi kerumunan-kerumunan yang berpotensi menimbulkan tawuran.

Dikatakannya, mungkin sudah beberapa kasus, kejadian ataupun peristiwa anak-anak sepulang dari terawih di Masjid bukan pulang ke rumah tapi kumpul dahulu sama teman-temannya.

Karena itu, selama bulan puasa intensitas kegiatan patroli dari jajaran Polsek di Polres Jakarta Barat, akan sedikit mendalami rencana tersebut.

“Apalagi sudah ada instruksi, perintah kita untuk setiap Kelurahan ada namanya pos pantau. Semua kita lakukan semata-mata untuk menjaga suasana di bulan suci Ramadhan ini tetap kondusif,” imbuhnya AKBP Randi. •Redaksi/Hendra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *