2023-07-04 2:17

BMKG: 11 Provinsi Harus Siaga Berpotensi Alami Hujan Lebat

Share

HARIAN PELITA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, ada 11 provinsi harus siaga karena berpotensi mengalami hujan lebat, sangat lebat, hingga ekstrem pada periode 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Ada 11 provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga sangat lebat, bahkan dikhawatirkan dapat menjadi ekstrem, apalagi saat ini memasuki puncak musim hujan, 11 provinsi tersebut adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara itu, terdapat 9 provinsi yang diperkirakan mengalami hujan intensitas sedang hingga lebat pada periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023, Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG meminta pihak-pihak terkait untuk melakukan mitigasi demi mencegah terjadinya bencana dan jatuhnya korban.

Misalnya, dengan memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air siap mengantisipasi peningkatan curah hujan hingga mencapai sangat lebat bahkan ekstrem.

Kemudian menata lingkungan dengan mengelola sampah, tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak melakukan pemotongan lereng dan penebangan pohon yang tak terkontrol.

“Cek semua kondisi pohon dan ranting atau dahan yang sudah rapuh agar dapat dilakukan pemangkasan yang sudah rapuh. Menguatkan tegakan tiang atau baliho, atau bentuk-bentuk bangunan yang rapuh agar tidak roboh saat tertiup angin kencang.

Kepala BMKG juga mengimbau masyarakat untuk terus mengikuti informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan oleh BMKG. Informasi mengenai kondisi cuaca hingga tingkat kecamatan dapat diakses melalui situs signature.bmkg.go.id. atau maritim.bmkg.go.id. ‚óŹRed/Pian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *