2024-05-04 0:32

Gempa Bumi Tektonik M5,4 dk Kupang Nusa Tenggara Timur Tak Berpotensi Tsunami

Share

HARIAN PELITA — Hari Minggu 12 November 2023 pukul 09.06.17 WIB wilayah Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 10,18° LS ; 123,74° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 Km arah Tenggara Kupang, Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 41 km.
 
•Jenis dan Mekanisme Gempabumi
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat deformasi batuan dalam slab lempeng ( intra slab ) di bawah Pulau Timor. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun ( normal fault ).
 
•Dampak Gempabumi
Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang dengan skala intensitas III – IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ) dan daerah Kabupaten Rote Ndao dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ).

Gempa ini menimbulkan kerusakan ringan berupa retak rambut pada tembok beberapa rumah warga. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini. •Redaksi/BMKG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *