2024-05-06 11:32

Kaleidoskop 2021 KBRI Tokyo: Tahun Akselerasi Promosi Indonesia di Masa Pemulihan Pandemi Covid

Share

HARIAN PELITA — 2021 adalah tahun akselerasi diplomasi Indonesia di Jepang. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus melakukan tugas diplomasi yang difokuskan pada percepatan pemulihan ekonomi nasional, penguatan kerja sama penanggulangan pandemi, pelindungan Warga Negara Indonesia (WNI) serta mempererat kerja sama dan kemitraan di forum regional dan multilateral.

“Tahun 2021 adalah masa akselerasi promosi Indonesia. Situasi pemulihan pandemi Covid-19 di 2021 tidak menyurutkan KBRI Tokyo untuk terus bekerja mengoptimalkan diplomasi dan membuka peluang baru untuk memperkuat jalinan hubungan Indonesia dan Jepang yang sudah berlangsung erat selama 63 tahun.

Mulai dari kerja sama penanganan pandemi Covid-19 dan kebencanaan, kerja sama politik, pertahanan dan keamanan, kerja sama ekonomi, hingga promosi seni budaya, pariwisata dan pendidikan,” demikian disampaikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia Heri Akhmadi.

“Tahun 2021 juga istimewa dengan adanya raihan medali emas pada ajang Tokyo Games 2020. Sebuah kebanggaan bagi KBRI Tokyo bisa memfasilitasi Tim Olimpiade dan Paralimpiade Indonesia selama berlaga di Jepang,” tambahnya.

Kerja sama bidang politik dan pertahanan di 2021 dengan Jepang berpuncak pada pertemuan 2+2 (two-plus-two) antara Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bersama dengan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu dan Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan PM Jepang, Suga Yoshihide, ke Jakarta Oktober 2020 lalu. Pertemuan 2+2 pertama diselenggarakan di Tokyo pada 2015.

Di bidang ekonomi dan perdagangan, pada awal 2021 perdagangan RI-Jepang telah berangsur membaik. Total perdagangan kedua negara mencapai USD14,6 milyar, naik 13,2% dibandingkan tahun 2020.

Kenaikan tersebut bersumber dari peningkatan kinerja ekspor dan impor. Nilai ekspor RI ke Jepang mencapai USD7,9 milyar, naik 18,6% (YoY). Di sisi lain, nilai impor RI dari Jepang mencapai USD6,6 milyar atau naik 7,4% (YoY). Neraca perdagangan RI pada Semester 1-2021 mengalami surplus sebesar USD1,4 milyar, atau meningkat tajam sebesar 130,1% jika dibandingkan surplus semester I tahun 2020 yang hanya mencapai USD614,7 juta.

2021 menjadi titik akselerasi penting promosi seni, budaya, dan pariwisata Indonesia di Jepang. Sejumlah festival Indonesia dilaksanakan di berbagai tempat di Jepang untuk kembali mengingatkan warga Jepang akan kekayaan seni, budaya, dan pariwisata Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan Indonesia tetap berada di top-of-mind warga Jepang, khususnya terkait destinasi wisata Indonesia.

Kerja sama bidang pendidikan dengan Jepang juga dilakukan untuk meningkatkan program beasiswa mahasiswa Indonesia dan kerja sama riset antar universitas di Indonesia dan Jepang. KBRI Tokyo juga membentuk 5 (lima) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk membuka akses pendidikan bagi WNI di Jepang tanpa terkecuali.

Sementara itu, dalam hal pelindungan WNI, KBRI Tokyo melakukan berbagai upaya untuk memastikan hak-hak hukum WNI di Jepang dapat terpenuhi. Hal ini berbuah keberhasilan KBRI Tokyo dalam membebaskan 2 (dua) orang WNI dari tuduhan kasus narkoba pada 13 Juli 2021. Selama 2021, KBRI Tokyo juga telah menyalurkan bantuan logistik untuk WNI terdampak Covid-19 di Jepang dan Federasi Mikronesia. ●Red/Rls3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *