2024-06-09 21:20

Pertama Kalinya Palestina Lolos Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

Share

HARIAN PELITA — Pertama kalinya Timnas Palestina lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia, setelah hasil imbang tanpa gol melawan Lebanon pada matchday 5 Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua di kandang sementara mereka di Qatar, Kamis (6/6/2024) malam WIB.

Sukses itu diraih tim berjuluk Singa Kanaan itu setelah menahan imbang Lebanon 0-0 pada matchday 5 putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Qatar, Kamis (6/6/2024). 

Hasil itu menempatkan Palestina di peringkat kedua klasemen Grup I dengan poin 8. Torehan itu lebih dari cukup untuk membawa tim yang dilatih Makram Daboub itu ke putaran ketiga menemani pemuncak klasemen, Australia, yang sudah mengepak poin 15.

Lebanon di peringkat ketiga hanya memiliki poin 3, tak mungkin lagi mengejar torehan Palestina di satu matchday tersisa. 

Hasil itu juga mengamankan tempat Palestina di putaran final Piala Asia 2027 yang akan digelar di Arab Saudi. 

Selain Palestina, ada 12 negara lain yang sudah memastikan lolos ke putaran ketiga, yakni Australia, Bahrain, Iran, Irak, Jepang, Yordania, Oman, Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Sukses Palestina mencetak sejarah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini patut diacungi jempol di tengah kondisi negara mereka yang diteror genosida Israel di Gaza. 

Dalam kondisi itu, Timnas Palestina tak bisa tampil di negeri sendiri dan harus bermain kandang di Doha, Qatar. 

Bukan itu saja, fokus para pemain pun selalu sulit untuk tenang, karena masih banyak saudara dan kerabat mereka yang terkepung di Tanah Air.  ●Redaksi/Wjk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *