2024-05-03 12:20

Hidupmu Tanggungjawabmu Sendiri || Oleh Endah Sayani

Share

SECARA umum, setiap manusia perlu bertanggung jawab atas kehidupan mereka sepenuhnya. Ini merupakan prinsip dasar yang harus dimiliki setiap orang, terutama jika mereka ingin meraih kesuksesan dan kebahagiaan di dalam kehidupan pribadi dan kehidupan kerja.

Sayang memang, tidak semua orang memiliki sikap tanggung jawab, Bagi sebagian orang, mereka suka mencari “kambing hitam” yang bisa disalahkan atas perihal tersebut dan mereka bersikap seakan-akan tidak
bertanggung jawab terhadap apa yang mereka lakukan.

Sikap tidak bertanggungjawab ini perlu kita hindari. Jika tidak, kita akan terus dipandang sebagai orang yang tidak patut, akan dihina, dicibir atau tidak diapresiasi sama sekali.
Sikap tidak bertanggungjawab akan menyusahkan banyak orang seperti; keluarga, saudara, sahabat, teman dan kolega. Endingnyapun akan menjadi orang yang tidak akan dipercaya lagi.

Lalu, bagaimana caranya agar kita memiliki sikap bertanggungjawab atas kehidupan yang sedang kita jalani sekarang?

Berhenti untuk mencari-cari alasan

Yang perlu kita ambil untuk bersikap tanggungjawab adalah dengan berhenti mencari-cari alasan atas segala yang kita hadapi. Justru orang-orang yang selalu mencari alasan adalah para individu yang gagal untuk berhasil dalam kehidupan profesional maupun kehidupan pribadi mereka.

Ketika kita melakukan suatu kesalahan, terimalah konsekuensinya. Jangan cari-cari alasan bahwa seseorang mempengaruhi tindakan kita. Come on! Setiap orang memiliki kendali atas hidupnya sendiri. Jadi jika kita membuat suatu kesalahan, itu tandanya kita harus bertanggungjawab atas kesalahan tersebut.

Tidak ada alasan yang perlu kita cari lagi untuk hal ini. Menghadapi semua konsekuensinya adalah keputusan terbaik yang perlu diambil. Setelah itu, kita perlu menanamkan pola pikir positif atas setiap kegagalan yang kita hadapi dan kesalahan yang kita lakukan.

Jadikan sebagai suatu pelajaran dan pengalaman hidup yang berarti untuk melanjutkan kehidupan di masa depan yang lebih baik, memperbaiki diri menjadi orang yang yang berguna lebih mulia dibanding terus menyalahkan orang lain.

Sadari hidup kita sepenuhnya tanggungjawab Kita.

Menyadari dengan sepenuh hati bahwa kehidupan yang sedang kita jalani sekarang adalah tanggung jawab kita sepenuhnya, orang-orang yang mau bertanggung jawab secara penuh atas kehidupan mereka, pasti akan merasa bahagia karena mereka adalah satu-satunya orang yang bisa memegang kendali atas kehidupan yang sedang dijalani.

Para individu ini akan menjalani hidup tanpa beban, tanpa pengaruh dari orang lain dan tentunya tanpa paksaan apapun dari siapapun.
Mengapa demikian? Karena setiap kali mereka membuat suatu pilihan, para individu ini akan sadar atas segala konsekuensi yang akan mereka dapatkan.

Sehingga jauh sebelum mereka membuat sebuah keputusan, mereka akan memikirkan konsekuensinya secara matang dan siap untuk menghadapinya.
Sadari bahwa setiap peristiwa yang terjadi adalah hasil dari pilihan yang telah kita buat sebelumnya.

Bahwa setiap keputusan itu penting

Setiap tindakan yang kita ambil akan memberikan dampak tertentu di masa mendatang, jadi kita harus berhati-hati dan perlu memikirkan segala sesuatu dengan pikiran yang matang. Pilihan serta keputusan ini juga akan berpengaruh pada kehidupan karier kita. Ketika kita memilih untuk menjadi seorang karyawan yang produktif dan proaktif, maka kita akan menerima dampak positifnya nanti.

Sebaliknya, jika kita memilih untuk menjadi pekerja yang selalu bermalas-malasan, tidak menjaga integritas dan suka berbohong. Anda sendiri tahu akibatnya seperti apa, berhati-hatilah dalam membuat suatu pilihan dan keputusan di dalam kehidupan kita. Ketika kita sudah memilih sesuatu, pastikan bahwa kita mampu bertanggungjawab atas dampaknya.

Kamu adalah apa yang kamu pikirkan

Yap! Ungkapan ini banyak yang meyakininya, karena kita akan merasa seperti apa yang kita pikirkan. Ketika kita berpikir bahwa diri kita adalah seorang yang bodoh, maka orang-orang di sekitar kita akan beranggapan demikian.
Dan ketika kita berpikir bahwa diri kita adalah seorang pemegang kendali dan satu-satunya orang yang harus mengambil tanggung jawab atas segala hal yang terjadi, maka kita akan menerapkan pemikiran tersebut ke dalam kehidupan kita.

Intinya; apa yang kita pikirkan dan yakini maka itu pulalah yang terjadi.

Jadilah, manusia yang mampu Bertanggungjawab atas segala sesuatu yang kita perbuat, karena itu yang akan menunjukkan siapa diri kita sesungguhnya.*****

Semoga menginspirasi

Editor: Agatha

2 thoughts on “Hidupmu Tanggungjawabmu Sendiri || Oleh Endah Sayani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *