2023-07-02 15:12

SmartFolks Coffee hadir di Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023

Share

HARIAN PELITA — Indonesia Coffee Festival (ICF) 2023 merupakan pameran industri kopi terbesar di Indonesia yang diselenggarakan pada Jumat (5/5/2023) hingga Ahad (7/5/2023) di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.

Pameran menghadirkan seluruh ekosistem kopi dari hulu hingga hilir. Dari petani hingga coffee shop.

Dalam gelaran semerbak beraroma kopi Nusantara itu, salah satu gerai kopi keren yang dihadirkan adalah SmartFolks Coffee yang digagas dengan brilian oleh Fariz Surbakti.

Konsepnya adalah menyajikan secangkir kopi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kenapa.begitu? Sebabnya, rasa secangkir kopi berbeda karena sejatinya pelanggan memiliki kebebasan untuk minum kopi persis seperti yang mereka inginkan. Pehaman ni dijalani sejak 2019 lalu oleh seorang Fariz.

“Setelah bertahun-tahun ikut pelatihan dan melakukan beragam percobaan, kami pada akhirnya menemukan beberapa kombinasi kopi yang luar biasa kerennya tapi sambil tetap mempertahankan pilihan kopi asli pada menu yang ditawarkan SmartFolks Coffee,” tandas Fariz, entepreneur muda yang berani berinovasi dalam penyajian kopi.

Fariz Surbakti, CEO sekaligus owner SmartFolks Coffee membuktikan kalau usia muda bukan menjadi halangan untuk menjadi pebisnis handal dan sukses.

SmartFolks Coffee
Untuk itu Fariz yang berasal dari Medan ini menyarankan agar para milenial berani mengambil kesempatan berbisnis sejak dini. “Jangan pernah takut gagal. Justru kegagalan merupakan pelajaran berharga yang tidak bisa didapatkan secara cuma-cuma,” cetusnya.

Meski begitu, memiliki banyak gerai tidak membuat Fariz terlena lalu berhenti berinovasi dalam membangun kerajaan bisnisnya. Saat ini ia tengah berencana untuk mengekspansi kedai kopinya disemua kota Indonesia. Bahkan, ia juga berencana membuat gerai di luar negeri semisal di Singapura. “Be friend with your failures. Learn from them, try again and never gives up,” tukasnya seraya menasehati calon pebisnis muda lainnya.

Saat ini gerai kopi yang ia miliki tersebar di pelbagai kota, semisal Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan sebagainya. ●Red/Satria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *