2024-05-07 9:32

Gubernur Anies Resmikan Graha Sabha Adhitya dan Gapura Little India

Share

HARIAN PELITA —- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berkunjung ke komunitas agama Hindu di Jakarta sekaligus meresmikan Grha Sabha Adhitya di Rawamangun, Jakarta Timur untuk masyarakat Hindu Bali. 

Setelah itu, Gubernur Anies turut meresmikan Gapura Little India di Pasar Baru untuk masyarakat India di Jakarta.

Dalam kesempatan meresmikan Grha Sabha Adhitya, Gubernur Anies juga sekaligus berpamitan kepada Parisada Hindu Dharma dan Suka Duka Hindu Dharma yang menaungi masyarakat Hindu Bali di Jakarta atas kerja bersama yang sudah terbangun erat selama lima tahun. 

“Lima tahun kita kerja bersama dalam ikatan persahabatan. Saya menyampaikan pamit sebagai kapasitas Gubernur DKI Jakarta, tapi silaturahmi tidak akan putus,” tutur Gubernur Anies seperti dikutip dari siaran pers PPID Pemprov DKI Jakarta, Senin (10/10/2022).

Gubernur Anies juga berharap kehadiran Grha Sabha Adhitya ini akan memberikan manfaat serta menghasilkan ketenangan, kedamaian dan keteduhan sebagai bagian dari kesetaraan menjalankan ibadah bagi seluruh warga Jakarta.

“Semoga ruang ibadah (Grha Sabha Adhitya) ini memberikan manfaat sehingga masyarakat Hindu di Jakarta akan bisa menjalankan seluruh kewajiban agamanya dengan baik, hidup bersama masyarakat dengan tenang dan teduh,” tambahnya.

Sementara itu, pada peresmian Gapura Little India, Gubernur Anies mengawali dengan menceritakan sejarah dari kawasan Pasar Baru di mana kawasan tersenut dibangun sekitar tahun 1820-an.

Pada waktu itu, pemerintah kolonial Belanda memindahkan pusat pemerintahan lebih ke selatan, kemudian kawasan Pasar Baru tumbuh dan banyak dari mereka yang berasal dari berbagai wilayah hidup di kawasan tersebut, termasuk komunitas India.

“Kita mengetahui, di tempat ini komunitas India banyak berkegiatan ekonomi dan beraktivitas. Ini adalah satu kawasan yang mencerminkan betapa kayanya Jakarta sebagai rumah bagi semua. Di tempat inilah kita rasakan Kota Global sesungguhnya,” terang Gubernur Anies didampingi Ketua PP Gema Sadhana AS Kobalen.

Gubernur Anies berharap, dengan adanya gapura ini, maka akan mempermudah bagi siapa saja yang ingin menikmati pengalaman budaya India sekaligus merasakan kekayaan budaya Jakarta dan bisa langsung mengunjungi kawasan Little India ini.

“Karena itu, kami berharap dengan adanya Gapura Little India, maka tempat ini menjadi representasi dari subculture yang ada di Jakarta. Kita berharap, nantinya bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pengalaman nuansa India bisa datang ke sini, merasakan keunikannya, dan merasakan betapa kayanya kota ini,” tandasnya. ●Red/Alia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *