2023-07-02 17:02

Guru Serta Pelajar SMP Negeri 178 Jakarta Gelar Upacara dan Halalbihalal

Share

HARIAN PELITA – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 178 Jakarta mengawali hari pertama masuk sekolah setelah libur Hari Raya Idul Fitri ratusan pelajar SMP Negeri 178 Jakarta dan para guru memadati lapangan sekolah untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2023.

Dilanjutakan dengan halalbihalal berlangsung di lapangan sekolah Jalan Mawar No6A RT3/RW13, Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa (2/5/2023).

Upacara berlangsung khidmat ditengah cerahnya cuaca pada pagi. Sama halnya dengan suasana hati seluruh peserta upacara penuh semangat mempersiapkan kegiatan upacara peringatan Hardiknas.

Kepala SMP Negeri 178 Jakarta Dr Saurmaida Gultom M Pd mengatakan, hari pertama masuk sekolah setelah libur hari raya digunakan untuk kegiatan halal bihalal.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta upacara bahwa tepat hari ini merupakan Hari Pendidikan Nasional. Hari ini 2 Mei 2023 merupakan mengenang tokoh penting yang patut diteladani dalam perjuangannya seperti Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat.

“Halalbihalal merupakan tradisi khas Indonesia dan menjadi kegiatan tahunan usai pelaksanaan ibadah puasa Ramadan. Dalam kegiatan halal bihalal terjalin silaturahmi dengan saling memaafkan dalam suatu komunitas, termasuk saling memaafkan antara murid dan guru di lingkungan sekolah,” ujarnya.

Nilai karakter kebesaran jiwa yang tercermin dari saling memaafkan penting ditanamkan. Maka halalbihalal yang dilakukan di lingkungan sekolah merupakan pembelajaran yang tepat sebagai ajang saling memaafkan.●Red/Geng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *