2023-07-02 17:38

Kadisdik Jabar Resmikan Alih Status SLB Dharma Wanita Kota Bogor dan SLB Sejahtera Jadi Sekolah Negeri

Share

HARIAN PELITA — Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar) Wahyu Mijaya meresmikan alih status dua SLB di Kota Bogor menjadi sekolah negeri, Jumat (28/4/2023). Kedua sekolah itu SLBN Dharma Wanita Kota Bogor dan SLBN Sejahtera Kota Bogor.

Kadisdik menuturkan, alih status sekolah ini tak lepas dari kerja sama seluruh pihak, mulai dari bidang PKLK, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II hingga Pemerintah Kota Bogor.

 “Mudah-mudahan, setiap langkah kebaikan yang sudah dilakukan semua pihak menjadi catatan amal baik untuk semua. Semoga menjadi keberkahan dan kebaikan bagi putra-putri didik kita,” ucapnya.

Tugas selanjutnya, tambah Kadisdik, menjadikan SLB yang lebih baik demi peserta didik. “PR-nya, jika hari ini kita lakukan penegerian maka kita punya tanggung jawab untuk terus menjadi lebih baik,” pesannya. 

Saat ini, lanjutnya, Jabar memiliki 392 SLB, 51 di antaranya sekolah negeri. “Tahun ini bertambah dua dan tahun depan akan ada empat alih status SLB swasta menuju negeri,” jelasnya.

Data tersebut, menurut Kadisdik, membuktikan peran besar masyarakat untuk mendorong pendidikan luar biasa di Jabar melalui sekolah swasta. Sehingga, peningkatan mutu pun menjadi fokus utama bagi sekolah swasta.

Kadisdik pun berpesan kepada seluruh guru di SLB agar fokus pada pengembangan potensi anak. Peran guru tak hanya sebatas mengajar, tetapi mendidik karakter siswa dan mengarahkannya pada akses pengetahuan tentang potensi yang dimiliki.

●Kado Purnabakti
Kepala SLBN Sejahtera Kota Bandung Leni Kusmiati pun tak bisa menutupi rasa bahagianya atas peralihan status ini. Terlebih, proses alih status bertepatan dengan tahun terakhirnya sebagai abdi negara. “Ibarat menutup layar, saya pengen nangis. Bukan nangis sedih, tapi terharu karena bahagia,” ucapnya. 

Leni pun berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat pada proses alih status ini.

Peresmian alih status ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang PKPLK Disdik Jabar, Deden Saiful Hidayat; Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Disdik Jabar, Diah Restu Susanti; Kadisdik Kota Bogor, Sujatmiko Biliarto serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini pun dimeriahkan oleh berbagai penampilan siswa dari kedua sekolah tersebut ●Red/dis/cak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *