2024-05-05 0:42

Kasudin Pendidikan Jaksel I Hadiri Pengukuhan Komunitas Guru Penggerak

Share

HARIAN PELITA —- Ratusan guru penggerak dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA se- Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Selatan mengikuti Pengkuhan Komunitas Guru Penggerak dengan tema “Tergerak, Bergerak, Menggerakan” berlangsung di Ruang Aula SMAN 34 Jakarta, Jalan Margasatwa Raya, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (27/6/2023).

Kegiatan selain dihadiri Kasudin Pendidikan Jakarta Selatan I, sejumlah Kepala Sekolah, guru penggerak, dan Ketua I Pokja Kemitraan Pemberdayaan dan komunikasi BPMP DKI Jakarta Widyaningtyas Sistaningrum, juga dihadiri guru penggerak angkatan ke 5, PP (Pengajar Pelatih) angkatan 5, GP (Guru Penggerak) angkat 5, CGP (Calon Guru Penggerak) angkatan 5, dan CGP angkatan 7.

Ketua Pelaksana P Luhung Priambodo menuturkan, kegiatan dihadiri PP angkat 5, GP angkatan 5, CGP angkatan 7, dan PP angkatan 7, kedepannya akan kita ajak serta libatkan juga PP angkat 8,9, dan 10 mengingat ini merupakan komunitas guru penggerakan di wilayah Sudin Pendidikan I Jakarta Selatan.

“Diharpkan akan bersinergi dengan pihak-pihak lain sehigga kita menggerakan guru penggerak yang sudah banyak. Diharpkan juga para guru penggerak kedepannya bisa menjadi garda pejuang terdepan untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka, dan apapun perubahannya nanti terkait dunia pendidkan para guru siap menjadi garda terdepan khsusunya di wilayah I,” tutur Luhung.

Sementara itu Kasudin Pendidikan Jakarta Selatan 1 Slamet menuturkan, pihaknya menekankan program guru penggerak harus terus terlaksana di ranah pendidikan.

Sebab keberadaan guru penggerak mampu membantu pembelajaran siswa menjadi lebih kreatif dan inovatif.

’’Semua tenaga pendidik di Jakarta Selatan berkesempatan diangkat menjadi guru penggerak untuk angkatan selanjutnya. Prioritasnya tidak dilihat dari kepangkatan, namun guru yang memiliki inovasi dalam pembelajaran,” tutur Selamet.

Ketua Pokja I Kemitraan Pemberdayaan dan komunikasi BPMP (Balai Penjamin Mutu Pendidikan) Provinsi DKI Jakarta, Widyaningtyas Sistaningrum mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari para PTK yang ada di sekolah penggerak di Jakarta Selatan.

Menurutnya, ini bukti keberhasilan dari program Pemerintah Pusat yang diturunkan ke Pemerintah Daerah Khususnya yang ada di wilayah Pendidikan Jakarta Selatan 1, karena visi misinya bagus dan para gurunya ingin melakukan CB (Capacity Building), dan ingin menjadi kontributor dalam meningkatan mutu pendidikan, minimal di sekolah sekolah penggerak yang imbasnya juga ke sekolah lain.

“Inilah keberhasilan dari BPMP Provinsi DKI Jakarta dan kami Ketua Pokja Kemitraan Pemberdayaan dan komunikasi yang bekerja sama dengan Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta Selatan ini adalah inivator dan inisiator jadi ini harus ditiru wilayah yang lain, selanjutnya ini bisa mendongkrak leterasi , digitalisasi sekolah, dan semua pembelajaran, dengan harapan kegiatan ini segera di tindak lanjuti dengan program yang memang dibutuhkan oleh semua guru se – DKI Jakarta dan berkoordinasi dengan kami selaku Ketua Pokja Kemitraan Pemberdayaan dan komunikasi wakil dari Kemendikbudristek Jakarta, dan selalu bersinergi dengan kemitraaan seluruh pengawas dan para pejabat sudin dan para kepala sekolah,” tandas, Widyaningtyas Sistaningrum. ●Red/Geng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *