2024-05-04 17:47

Survei ZAP Beauty Index 2023, 67,5 Persen Wanita Pertimbangkan Wangi Badan Pria Idaman

Share

HARIAN PELITA — Satu hal yang mungkin membuat diri kita merasa malu di tempat umum adalah masalah bau badan. Kasuistik bau badan ini sejalan lurus dengan survey ZAP Beauty Index (ZBI) 2023 dimana sebanyak 67,5 Persen wanita zaman now akan mempertimbangkan wangi badan pria untuk dijadikan idaman hatinya.   

Pada tahun ini, ZAP kembali meluncurkan survei tahunannya yang memotret perilaku wanita Indonesia mengenai dunia kecantikan yang dibalut dengan nama ZAP Beauty Index 2023.

Founder sekaligus CEO ZAP Clinic Fadhli Sahab mengatakan, pada ZBI 2023 ini lebih spesial dan komprehensif dibanding tahun-tahun sebelumnya, karena melibatkan sekitar 9.000 responden wanita berusia 15-56 tahun dari seluruh Indonesia. Angka tersebut meningkat dari pelaksanaan di tahun 2021 yang melibatkan sebanyak 6.000 responden.

“ZBI 2023 digarap selama tiga bulan. Cukup sulit bagi kami mengumpulkan 9.000 responden. Namun, itu menjadikan tahun ini lebih spesial, (terlebih) kali ini kami juga tidak hanya fokus meng-capture perihal wanita tetapi juga tentang pria,” kata Fadhli dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023, di Hotel Ashley, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu, (07/12/2022).

Fadhli Sahab berharap, survei kali ini bisa membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023.

Sementara itu, Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry mengatakan, sejumlah temuan menarik dijumpai pada beberapa segmen. Diantaranya adalah popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan.

Hiingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal. Dan yang menjadi lebih spesial adalah lebih banyak pendapat dari para wanita saat ini adalah tentang tipe pria idaman.

“Pada ZAP Beauty Index 2023 ini banyak wanita, terutama gen Z juga menilai masalah bau badan kaum pria. Dan ini menjad salah satu penilaian untuk dijadikan sosok pria idaman,” papar Chief Operating Officer MarkPlus Institute Yosanova Savitry.

Menurutnya, penemuan sosok pria idaman bagi wanita Indonesia adalah mereka yang peduli dengan penampilan diri. Sebanyak 95.1 persen wanita setuju dan mengapresiasi kepada pria yang merasa memerlukan perawatan kulit diantaranya dengan menggunakan skincare setiap hari secara rutin.

Sebanyak 82.9 persen, wanita setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. Temuan ini menjadi bukti bahwa wanita tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi wanita saja. Karena untuk menjadi pria idaman para wanita, seorang pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik.

Terkait pesona dan fisik 87.5 persen wanita Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77.3 persen dan 67.5 persen. Selain itu, tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahuldada yang bidang juga mudah membuat para wanita mudah jatuh hati.

“Pada tahun ini, kami juga melihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favont wanita Indonesia Pada 2021, hanya 178 persen wanita Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32 5 persen Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit wanita Indonesia masa kini,” imbuh Yosanova Savitry.

Sementara itu, beauty influencer memberikan pengaruh besar bagi para wanita Indonesia dalam mengonsumsi produk-produk kecantikan. Namun, di tengah banyaknya brand menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dan Korea, nyatanya ZAP Beauty Index 2023 membuktikan bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya.

Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, 78 persen wanita Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea. Hanya sekitar 168 persen wanita yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 85 persen terpengaruh oleh girlband/boyband Korea.

Selain Instagram, ternyata tahun ini Tik Tok turut memberikan pengaruh besar di mana sebanyak 51.5 persen wanita mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Pada ZBI 2023 ini, skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dicari sebesar 60 persen dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas.

Pada tahun sebelumnya 53.8 persen wanita lebih mencari manfaat anti-acne dan 53.6 persen mencari manfaat melembabkan kulit. Sementara itu, penuaan dini atau anti-aging masih menjadi momok para wanita di semua kalangan usia.

ZAP Beauty Index 2023 juga mencatat, sebanyak14.4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Semakin dewasa wanita, manfaat anti-aging semakin menjadi prioritas.

Namun hingga saat ini, perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak wanita. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 wanita Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi.

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 persen wanita Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern wanita Indonesia terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik

Merespon temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, Kepercayaan wanita Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dan tahun ke tahun. Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan untuk terus relevan dengan apa yang wanita Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri.

“Kami terus berharap agar ZAP Beauty Index bisa menjadi referensi yang komprehensif dan tepercaya bagi pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, maupun teman-teman jurnalis.

Temuan-temuan menarik di atas merupakan sedikit temuna dari sekian banyak yang terangkum dalam ZBI 2023. Data lengkap ZBI 2023 maupun tahun-tahun sebelumnya bisa diakses melalui tautan zapclinic.com/zapbeautyindex. ●Red/Abah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *