2023-07-07 8:12

Negeri Sembilan, Melaka, Perlis Terdaftar Kota Paling Bahagia di Malaysia

Share

HARIAN PELITA — Negeri Sembilan, Melaka, dan Perlis telah didaftarkan oleh Departemen Perencanaan Kota dan Negara (PLANMalaysia).

Sebagai kota paling bahagia di negara ini setelah distrik-distrik tersebut mencetak 80 persen dalam studi Indeks Kebahagiaan tahun 2021 untuk kota-kota di Malaysia.

Skor 80 persen juga diberikan kepada 80 dari 114 pemerintah daerah (PBT) di semenanjung dan Sabah yang diberikan berdasarkan beberapa aspek, termasuk kualitas layanan mereka seperti kebersihan lingkungan, pengelolaan limbah padat, dan pengumpulan sampah.

Dalam Negeri Sembilan, sekretaris negara Datuk Dr Razali Ab Malik mengatakan pengembangan setiap kota di negara bagian itu dilaksanakan berdasarkan kekuatan dan kemampuan mereka serta tiga dorongan di bawah Rencana Struktur Negeri Sembilan 2045.

“Tiga dorongan tersebut adalah mengembangkan distrik Seremban dan Port Dickson melalui Malaysia Vision Valley 2.0 menjadi kota metropolis yang kompetitif, inklusif, dan bersih,” ujarnya.

“Kuala Pilah, Tampin, Rembau dan Jempol akan diberdayakan melalui pengembangan agropolis yang memasukkan unsur pertanian dan Jelebu sebagai kawasan keanekaragaman hayati yang mengedepankan konservasi sumber daya alam,” ujarnya kepada Bernama.

Menguraikan, Razali mengatakan ada enam indikator utama yang dievaluasi agar suatu tempat diakui sebagai kota paling bahagia. ●Red/Datok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *