2023-07-02 2:52

HUT ke-77 Bhayangkara, Jokowi Sampaikan Pesan: Polri Terus Berbenah Demi Perbaiki Tingkat Kepercayaan Publik

Share

HARIAN PELITA — Presiden Joko Widodo menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 dengan tema “Polri Presisi untuk Negeri” Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju
di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Sabtu (1/7/2023)

Jokowi hadir didampingi ibu negara Iriana dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istrinya Hj Wury Estu Handayani

Dalam acara ini, Jokowi bertindak selaku inspektur upacara. Jokowi sekaligus menyampaikan pesannya kepada Polri untuk terus berbenah diri demi memperbaiki tingkat kepercayaan publik. Jokowi meminta anggota Polri untuk tidak terikat blok-blokan atau kultur mengutamakan patron tertentu.

“Polri ibarat sapu lidi, masing masing lidi harus bersih dan lurus, yang harus diikat dengan semangat. Tidak boleh lagi ada blok-blokan, tidak ada lagi patron-patronan,” ujar Jokowi dalam Sambutannya

Jokowi mengatakan, setiap hari Polri bersentuhan dengan masyarakat dan melayani rakyat. Tapi di saat bersamaan, lanjut Jokowi, Polri juga diawasi rakyat.

“Gerak-gerik Polri sekecil apapun tidak bisa ditutup-tutupi lagi,” ujarnya.

Jokowi mengingatkan kepercayaan yang diberikan rakyat merupakan hal yang penting. Jokowi mengingatkan Polri untuk terus berbenah.

“Kepercayaan terhadap Polri naik dari 60 hingga di atas 70 persen. Ini perkembangan baik,” ujar Jokowi.

“Jangan tajam ke bawah, tumpul ke atas,” tegasnya .

Selain petinggi polri seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Komjen M Fadil Imran, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Turut mengikuti upacara Hari Bhayangkara ke-77 Istri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Sinta Nuriyah, Yenny Wahid, Wapres ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK), serta Wapres ke-11 RI Boediono.

Selain itu hadir pula Menko Polhukam Mahfud Md, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menpora Dito Ariotedjo, Mendagri Tito Karnavian, dan Menhan Prabowo Subianto.

HUT Bhayangkara ke-77 ini, Polri telah melaksanakan sejumlah kegiatan mulai dari bakti sosial hingga perlombaan.

Selain itu,kegiatan Polri di GBK juga diramaikan dengan pertunjukan budaya dan konser musik. Mulai dari solois muda, Putri Ariani, hingga grup band legendaris, Slank. ‚óŹRed/IA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *