2024-05-03 11:22

Lhoksukon Dilanda Banjir, Desa Rayeuk Kuta Tanah Luas Aceh Utara Terendam

Share

HARIAN PELITA LHOKSUKON — Hujan deras mengguyur kawasan Aceh Utara dan sekitarnya pada Kamis (30/12/2021) malam sampai Jumat (31/12/2021) siang menyebabkan sejumlah kawasan di Aceh Utara mulai terendam banjir.

Banjir masih belom surut sampai hari Minggu, 2 januari 2022 Kondisi air masih meredam beberapa kampung di Lhoksukon.

Ketinggian air mencapai 1 meter, sebahagian pemukinan sudah tergenang banjir selama dua hari sampai hari ini senin, bantuan dari pemerintah sampai sekarang ini belom ada demikian kata Muhammad Rijal Jufri dan Yanda Muhammad Zaki Rahmazani warga Desa Rayeuk Kuta Tanah Luas Aceh Utara, melalui jejaringan telpon seluler kepada awak media HarianPelita.id, (Senin, 3/01/2022).

“Kami sangat membutuhkan bantuan berupa pakaian, makanan dan uang, banjir tempat kami ini sudah langganan tahunan, cuma ini paling parah , banjir karena meluap nya bendungan di Waduk Payabakong yang menyebabkan air mengalir keberbagai per-kampungan akibat dari efek hujan yang mengguyur selalma seminggu ini,” ujarnya.

Kawasan yang sudah mulai terendam antara lain Desa Meunasah Kumbang Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara.

Jalan Lhoksukon- Cot Girek melintasi kawasan desa tersebut mulai terendam sekitar pukul 09.00 WIB, akibat air hujan dan dari sungai.

Selain itu, sejumlah desa tetangga Meunasah Kumbang juga mulai terendam banjir.

Selain di desa tersebut, Desa Uteun Geulinggang dan Desa Tambon Tunong dan Desa Uteun Geulinggang Kecamatan Dewantara Aceh Utara, juga mulai terendam.

Dikutip dari Serambinews.com, Jumat (31/12/2021). “Kondisi saat sekarang Desa Uteun Geulinggang digenangi banjir setinggi 50 sentimeter,” tulis Sardani warga Aceh Utara

Dari petugas Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara mencatat sejumlah kecamatan lain juga sangat berpotensi banjir.

Selain karena masih hujan, air dari sungai juga mulai meluap di beberapa kecamatan ke pemukiman warga.

Bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Malikussaleh Aceh Utara sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai banjir, karena dalam beberapa hari terakhir ini akan terjadi hujan deras. ●Red/Satria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *