2024-05-02 18:58

Program Pepadu Sakti Sudah Menunjukkan Progres Positif

Share

HARIAN PELITA — Mampu Mengefisiensi Anggaran di RSUD Soedjono Selong Program Pelayanan Petugas Administrasi Kependudukan di Rumah Sakit Terintegrasi (Pepadu Sakti) digagas Pemerintah Kabupaten Lombok Timur menunjukkan progres signifikan.

Karena sejumlah kemudahan diberikan kepada Masyarakat terutama dalam pengurusan beberapa dokumen penting terkait kependudukan.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD Soedjono Selong dr Bardan Salim mengatakan, Program Pepadu Sakti sejak di launching beberapa waktu lalu sudah melayani 42 orang masyarakat terkait dokumen kependudukan dan sebagainya.

“Macam-macam yang kami tangani di Pojok Pepadu Sakti, ada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, Akta kematian, Kartu Identitas Anak (KIA), bahkan, sampai Pembuatan BPJS,” kata Bardan, Rabu (24/04/2024).

Dijelaskannya, Program Pepadu Sakti merupakan inovasi yang sangat luar biasa dalam rangka mendukung UHC di Kabupaten Lombok Timur, mengingat semua berkorelasi antara NIK dan kartu BPJS.

Namun tentu, ada beberapa proses dan persyaratan yang harus dipenuhi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, seperti Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa dan beberapa persyaratan lainnya.

“Nanti pihak RSUD akan membantu berkoordinasi dengan Dikes melalui Unit Manajer Pelayanan Pasien (MPP) jika pasien membutuhkan bantuan, walaupun bukan pada saat jam kerja,” ungkapnya.

Lebih jauh kata dia, ada beberapa tahapan harus dilakukan dalam pengusulan kartu BPjS Kesehatan, diantaranya melalu Dinas Sosial dan ada yang melalui Dinas Kesehatan, namun di RSUD sendiri hanya memfasilitasi pasien atau masyarakat yang sedang berstatus emergency. •Redaksi/Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *