2024-05-03 0:02

Wilayah Bali Dilanda Bencana Longsor

Share

HARIAN PELITA — Pada Jumat (7/7/2023) hujan deras mengguyur wilayah wisata Bali sejak Kamis (6/7/2023) menimbulkan bencana di sejumlah daerah yakni terjadi di Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Hujan deras dari pagi hingga sore pada hari ini juga mengakibatkan sejumlah wilayah di Tabanan diterjang banjir dan longsor. Pantuan detikBali, banjir terjadi di sejumlah kecamatan antara lain Kecamatan Tabanan, Marga, dan Kediri.

Sejumlah jalan di Kecamatan Tabanan seperti Jalan Gajah Mada, Gunung Agung, dan Gunung Batukaru diterjang banjir. Bahkan, di Banjar Pasekan Belodan, Desa Dajan Peken, satu mobil nyaris hanyut dan terjatuh ke sungai.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jembrana I Putu Agus Artana Putra menjelaskan banjir di sejumlah wilayah Jembrana disebabkan intensitas hujan yang tinggi sejak Kamis malam. Hujan juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di beberapa titik seperti di Desa Budeng, Banyubiru, dan Dangin Tukadaya.

BPBD Gianyar mencatat 25 bencana seperti tanah longsor dan pohon tumbang akibat hujan lebat sejak Kamis (6/7/2023) hingga hari ini. Misalkan, tanah longsor terjadi di Desa Suwat, Desa Kendran. Sedangkan, pohon tumbang terjadi antara lain di Desa Lodtunduh dan Desa Sidan.

Artana Putra menjelaskan BPBD telah mendirikan tenda darurat di kantor Desa Pengambengan. Tenda tersebut bisa digunakan warga sebagai tempat mengungsi. “Kami juga menyiapkan pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga di Desa Pengambengan dan sekitarnya,” ujarnya. ●Redaksi/I Putu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *