2024-05-05 9:42

DPW PPP DKI Akan Daftarkan 106 Caleg dan Optimis Rebut 10 Kursi DPRD

Share

HARIAN PELITA — DPW PPP DKI Jakarta, Senin (8/5/2023) mendatangi kantor KPU DKI Jakarta untuk berkonsultasi tentang calon anggota legislatif (Caleg) peserta Pemilu 2024.

“Rencananya pendaftaran akan kita lakukan pada 11 Mei 2023 mendatang. Jamnya disesuaikan dengan jadwal KPU,” ujar Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki kepada pers di kantor KPU DKI..Seperti dikutip dari id-Times

Rombongan dari DPW PPP DKI tersebut antara lain terdiri dari Saiful Rahmat Dasuki, Sekjen DPW PPP DKI Ahmad Lafranta Siregar, Bendahara DPW PPP DKI Muhammad Ishaq, dan Ketua Bapilu DPW PPP DKI Jakarta Gea Hermansyah, diterima Komisioner KPU DKI Nurdin, dan tiga stafnya.

Dari konsultasi yang sedang berlangsung diketahui kalau berdasarkan berkas pendaftaran Caleg PPP yang akan memperebutkan 106 kursi di DPRD DKI Jakarta, yang datanya telah diinput secara online, masih ditemukan berkas Caleg yang masuk kategori merah, yang artinya masih harus diperbaiki.

Saiful mengatakan, pada prinsipnya, DPW PPP DKI telah selesai menyusun daftar Caleg, dan tinggal menunggu rekomendasi dari DPP, karena atas arahan KPU DKI, seluruh Caleg harus mendapat persetujuan pimpinan partai.

“Dan itu akan kita selesaikan dalam 1-2 hari ini,” katanya.

Siaful menjelaskan, 106 Caleg PPP untuk DPRD DKI dijaring melalui proses yang cukup panjang, karena saat pendaftaran Caleg dibuka, ada hampir 200 orang yang mendaftar

“Tapi setelah kami seleksi ketat, karena kuota hanya 106, maka kami hanya memilih sesuai kuota,” katanya.

Ke-106 Caleg itu, di mana 30% di antaranya merupakan Caleg perempuan, akan berkontestasi dengan ratusan Caleg dari 17 partai lain, antara lain dari Golkar, PDIP, PKS, PAN dan Demokrat, di 10 Dapil di Jakarta untuk merebut 106 kursi di DPRD Jakarta.

Saiful mengatakan, pendukung optimistis bisa merebut 10 kursi DPRD, karena di setiap Dapil terdapat calon-calon unggulan dengan basis massa yang kuat. Meskipun, dari 106 Caleg itu hanya 10 orang yang merupakan wajah lama Caleg.

“Insya Allah, pada Pemilu 2024, PPP dapat mengambil kembali kursi yang dipinjamkan partai lain saat Pemilu 2019,” katanya

Ketua Bapilu DPW PPP DKI Jakarta, Gea Hermansyah l, mengatakan, di Dapil wilayah Jakarta Timur, Caleg PPP terguncang mendapat kursi dari Dapil 4, 5 dan 6. Sementara di Jakarta Barat, PPP terguncang besar mendapat kursi DPR DKI melalui Dapil 10, sementara di Jakarta Selatan peluang mendapat kursi dari Dapil 8.

“Di Jakarta Pusat, Caleg PPP yang kuat antara lain di Dapil 1,” katanya.

Caleg wajah lama dari PPP yang kembali akan bertarung di Pemilu 2024 di antaranya Matnoor Gindoan dan Belly Bilalussalam. ●Redaksi/HarianPelita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *