2024-05-05 16:38

Gubernur Bali I Wayan Koster Tolak Israel di Ajang ANOC World Beach Games

Share

HARIAN PELITA — Gubernur Bali I Wayan Koster kembali berunjuk gigi setelah menolak Timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20, kini kembali menolak kehadiran Israel di ajang
ANOC World Beach Games 2023 di Bali, 5-12 Agustus mendatang.

Sehingga ANOC World Beach Games 2023 terancam batal, akibat sikap keras orang nomor satu di Provinsi Bali menyatakan ketegasan soal Israel.

“Saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games,” tegas Koster di Pura Besakih Karangasem, Rabu (5/4/2023).

Koster menegaskan sikapnya itu berpatokan kepada konstitusi. Selain itu, dia mengacu pada Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Panduan Umum Hubungan Luar Negeri.

Menurut Koster, Permenlu itu sebagai entitas tersendiri dan tegas terhadap Israel. “Tidak boleh menyampaikan lagu kebangsaan (Israel),” tandas gubernur dari PDIP ini.

Sebelumnya, Koster menolak Timnas Israel U-20 ikut berlaga di Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia. Badan Sepak Bola Dunia FIFA akhirnya membatalkan drawing yang rencananya digelar di Art Center Denpasar, Bali,pada 31 Agustus itu.

Pembatalan drawing menjadi sinyal FIFA akhirnya membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang semula direncanakan digelar di 6 kota Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

ANOC World Beach Games 2023 dijadwalkan digelar di Bali, 5-12 Agustus mendatang. Israel direncanakan mengikuti kejuaraan ini setelah berhasil melangkah dari babak kualifikasi ke ajang World Beach Games 2023. ‚óŹRedaksi/HarianPelita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *