2024-05-06 10:37

Mengenal Pelatih Asal Korea Selatan Shin Tae-yong

Share

HARIAN PELITA — Saat Timnas Korea Selatan melawan Timnas Jerman di Piala Dunia 2018 di Rusia, Timnas Korea Selatan berhasil menaklukan Timnas Jerman 2-0.

Nama Shin Tae-yong melejit menjadi pelatih berkelas dunia. Pelatih Shin Tae-yong terkenal karena sekuat Jerman tak pernah menang ketika melawan Korea Selatan besutan Pelatih Shin Tae-yong.

Banyak orang hanya tahu prestasi Pelatih Shin Tae-yong ketika mengalahkan Jerman dipertandingan terakhir Piala Dunia 2018 Rusia Group F dengan skor mencolok 2-0.

Namun itu salah besar, sebelumnya ketika Olimpiade tahun 2016 RIO di Brazil Korea Selatan berhasil mengalahkan Fiji 8-0 tanpa balas.

Di fase group pun Korea Selatan berhasil juga menaklukan Meksiko 1-0. Bahkan Jerman pun 3-3 ketika melawan Jerman.

Saat memasuki 16 Besar: Korea Selatan juga merontokkan harapan Honduras demgan skor 0-1.

Tim negeri ginseng muda besutan Pelatih Shin Tae-yong terbilang sangat kuat. Kekompakan dan fisik yang kuat menjadi momok lawan-lawannya.

Diakui Shin Tae-yong setiap melatih pemain, ia pertama membenahi dahulu sektor fisik pemain. Karena menurut Shin Tae-yong, pemain sepakbola teknik, skill terlebih di dahului. Tetap fisik dan mental yang kuat.

Sehingga seorang pemain sepakbola saat menghadapi pertandingan, pemain tak pernah kedodoran fisik bahkan ia tetap bersemangat dan tak pernah putus asa ketika kebobolan terlebih dahulu.

Buktinya ketika melatih Tim Nasional Indonesia dan saat itu dikontrak PSSI empat tahun, Shin Tae-yong melakukan seleksi kuat terhadap fisik pemain Indonesia.

Shin Tae-yong mencari pemain-pemain berbakat di berbagai daerah melalui Liga 1 Indonesia. Shin juga dikenal pelatih keras, tegas untuk memacu pemain-pemain yang dilatihnya.

Pertama kali melatih di Indonesia, Shin Tae-yong menggenjot fisik pemain dengan melibatkan pelatih fisik dari Korea Selatan.

Buktinya, saat berlaga di Piala AFF 2020 di Singapura, terlihat semua pemain Timnas Indonesia memiliki fisik kuat dan daya juang yang tinggi. Tanpa kenal putus asa dan kelelahan.

Hingga Timnas Indonesia berhasil menembus Final Piala AFF 2020 yang akan menghadapi salah satu vietnam atau Thailand. ‚óŹRedaksi/007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *