2023-07-04 5:12

Menebak Pasangan Anies Baswedan di Pilpres 2024, Andika Perkasa?

Share

HARIAN PELITA — Ramainya tebak-tebakan soal siapa yang mendampingi Mantan Gubernur DKI Anies Baswedan menuju Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024 mendatang.

Partai NasDem pun memberi sinyal dengan munculnya nama mantan Panglima TNI Andika Perkasa. Andika Perkasa dan Anies Baswedan menjadi perhatian pada konstelasi politik Pilpres 2024.

Konstelasi politik Pilpres 2024 kini mulai ramai dengan isu mantan Panglima TNI Andika Perkasa menjadi Cawapres dari Anies Baswedan.

Bahkan kedekatan Andika Perkasa dengan Partai NasDem sudah bukan rahasia lagi. Buktinya ketika awal menuju deklarasi, nama Andika Perkasa masuk bursa Calon Presiden.

Namun entah kenapa, Partai NasDem membelokkan pilihannya ke Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024 mendatang.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan pihaknya tetap mendorong agar Anies Baswedan dapat berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sehingga, muncul wacana mantan Panglima TNI itu menjadi salah satu figur Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Koalisi Perubahan.

“Keinginan kader dan konstituen kami, nama Anies-AHY yang paling sering disebut-sebut,” kata Herzaky dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Ia mengatakan, Koalisi Perubahan yang tengah dijajaki bersama Partai Nasdem, dan PKS mengedepankan prinsip kesetaraan.

Artinya, setiap partai politik (parpol) sama-sama menghargai usulan masing-masing.

“Jadi silahkan saja jika Nasdem ataupun PKS mengusulkan nama-nama capres, atau cawapres. Itu kan hak teman-teman Nasdem, dan PKS. Kami tidak boleh melarang atau membatasi,” ujar Herzaky.

“Begitu pula dengan kami, Demokrat, tentu saja bebas pula mengusulkan siapa saja,” katanya lagi.

Dalam pandangannya, Demokrat mengedepankan prinsip realistis dan rasionalitas dalam penentuan pasangan calon (paslon) capres-cawapres.

Prinsip realistis terkait dengan parpol yang mengusung kadernya sendiri, karena dirasa mempermudah pemenangan. ●Red/007

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *