2023-07-03 10:23

Antisipasi Pelecehan Seksual di Bus Transjakarta Tempatkan Petugas Berseragam

Share

FOTO BeritaJakarta

HARIAN PELITA — PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menempatkan petugas pramusapa dan petugas keamanan berseragam di bus Transjakarta untuk mencegah sekaligus meminimalisir tindak pelecehan seksual di transportasi publik.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, petugas pramusapa dan keamanan ini merupakan upaya Transjakarta dalam rangka menambah keamanan dan kenyamanan para pelanggan, khususnya menekan kasus pelecehan seksual di Transjakarta.

“Selama ini para petugas tersebut jaga di halte-halte. Maka untuk mencegah tindak pidana kriminal di dalam bus khususnya kasus predator seksual petugas-petugas tersebut saat ini kita alihkan untuk menjaga di dalam bus-bus layanan Transjakarta,” ujar Apri, Selasa (28/2).

Apri menyampaikan, selain penempatan petugas keamanan, Transjakarta juga telah berupaya memperluas operasi armada bus pink yang dikhususkan untuk perempuan. Transjakarta juga memiliki ruangan khusus wanita disetiap armada bus dan dilengkap dengan kamera pengawas (CCTV).

“Kami harap aksi predator seksual dapat diredam dengan upaya-upaya yang kami lakukan. Kami juga mengimbau kepada para pelanggan wanita tidak perlu khawatir memanfaatkan layanan Transjakarta,” tandasnya. ●Redaksi/BJ/Alia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *