2023-07-03 8:57

Tim U-22 Indonesia Jalani Tes Fisik di Medical Centre PSSI Persiapan SEA Games

Share

HARIAN PELITA —- Tim U-22 Indonesia menjalani pemusatan latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta dari 1 Maret 2023 menggunakan sport science untuk test fisik sebagai bagian dari persiapan menuju SEA Games 2023 mendatang.

Mereka menjalani test fisik di Medical Center PSSI, GBK Arena Jakarta, Minggu (5/3/2023). Seperti dilansir PSSI.

Ada beberapa komponen test dilakukan yaitu, Forceframe Test, Nordic Hamstring Test dan Forcedecks Analysis Test yang meliputi, tes komposisi tubuh (persentase lemak tubuh, massa otot, dll), Tes kekuatan eksentrik otot hamstring (nordbord test), Tes power + vertical jump dengan force plate, Tes kekuatan otot isometric hip abductor-adductor dengan force frame, 3D Movement analysis dengan humantrack system.

Test dibagi menjadi dua kelompok, 17 pemain berada di kelompok A, mereka memulai test lebih dahulu. Sementara kelompok B yang terdiri dari 16 pemain, melakukan test setelahnya.

Pelatih kepala tim, Indra Sjafri, mengatakan, test ini untuk mengetahui kondisi fisik dari para pemainnya.

“Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi mengetahui sejauh mana kondisi fisik pemain, dan saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test fisik ini,” jelas Indra.

Sementara itu menurut pandangan dokter Syarif Alwi, test ini bertujuan untuk mengurangi resiko cedera dan melihat kekurangan pemain sepakbola dari segi strength, postural, movement, power. ●Red/C08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *