2024-05-05 1:10

Pelepasan Siswa Kelas 6 SDN 1 Korleko Semarak Tonjolkan Kearifan Lokal

Share

HARIAN PELITA — Acara diwali dengan Prosesi Adat Sasak yaitu Parade Dulang saji diringi Gamelan Sasak. Sebanyak 74 orang Ibu-Ibu berbaris dengan dulang saji dikepala sesuai dengan jumlah siswa yang tamat di SDN 1 Korleko pada tahun ajaran 2022/2023.

Yang spesial pada acara ini adalah Ibu Kanit UPTD Labuhan Haji Kariyatul Aini dan Kepala Sekolah SDN 1 Korleko tampak ikut berbaur dalam barisan parade dulang saji orang tua/wali murid.

Suasana tampak semarak dengan bunyi tabuhan Gendang Belek yang menjadi ciri khas masyarakat sasak.

Dalam sambutannya Kanit UPTD Labuhan Haji Karyatul Aini sangat terkesima dan kagum dengan acara yang diawali dengan prosesi adat sasak berupa Dulang saji diiringi gendang belek.

Dia sangat  berterima kasih sedalam-dalamnya atas kerja sama masyarakat dalam acara pelepasan siswa kelas 6 ini.

Selain itu Kanit juga melihat ada potensi luar biasa pada siswa SDN 1 Korleko. Banyak siswa yang yang punya talenta luar biasa.

Bahkan ada salah seorang siswa yang sudah berprestasi sampai tingkat nasional yang diibaratkan seperti mutiara dalam lumpur yang perlu digosok sehingga makin berkilau jangan sampai redup.

Perlu digosok biar makin kinclong. Diharapkan kedepan ini akan bisa membawa nama sekolah, desa dan kecamatan ke jenjang yang lebih tinggi.

Ia juga menghimbau para orang tua agar jangan menuntut anak-anaknya untuk membantu mencari nafkah. Jadikanlah anak-anak kita generasi emas, generasi penerus. Supaya cita-cita orang tua juga bisa tercapai.

Hadir juga pada acara ini Kasubag TU Puskesmas Korleko Sukri, S.Ap yang mewakili kepala Puskesmas Korleko. Dia menyampaikan Pentingnya sarapan pagi utk peserta didik.

Kepala SDN 1 Korleko pada kesempatan ini juga mengatakan bahwa ada himbauan dari Bapak Bupati dan Kepala Dinas bahwa pelaksanaan perpisahan dilaksanakan disekolah saja. Acara ini bertemakan kearifan lokal.

Perwakilan orang tua wali murid mengatakan bahwa acara perpisahan ini sebagai bentuk terima kasih kepada para guru yang telah mendidik anak-anaknya sehingga menjadi insan yang memiliki ilmu pengetahuan. ●Red/Pan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *