2024-05-04 4:30

Mahludin: Mensukseskan Pemilu di Perlukan Sikap Profesional

Share

HARIAN PELITA — Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Selatan Mahludin menghadiri Rakor Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Evaluasi Pelaksanaan Sosialisasi Pemilu di Hotel Mercure, Mampang Prapatan, Minggu (18/11/2022).

Mahludin menegaskan untuk mensukseskan pemilu diperlukan sikap profesional dan ketegasan oleh semua penyelenggara pemilu.

“Baik ASN dan non ASN pada forum tersebut saling berkoordinasi untuk dapat mensukseskan pemilu. Tapi diperlukan juga sikap tegas dan profesional terkait keterbukaan informasi publik,”ujarnya.

Dengan dibentuknya Bakohumas pihaknya menginginkan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam keikutsertaan pemilu.

“Partisipasi masyarakat dapat dimaksimalkan dengan adanya keterbukaan akses informasi publik, khususnya penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang,”katanya.

Sementara itu Ketua KPU Jakarta Selatan Agus Sudono menyebutkan bahwa bakohumas diinternal KPU sangat dibutuhkan. Regulasi yang mengatur keberadaan Bakohumas yakni UU Pemilu no 7 tahun 2017, UU Nomor 14 tahun 2008 juga diatur tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Dibentuknya Bakohumas tersebut adalah untuk meningkatkan fungsi serta peran sosialisasi dan kehumasan yang ada di masing-masing satker KPU,”katanya.

Menurut Agus, point penting terkait dengan Bakohumas yang merupakan lembaga non struktural adalah sebagai tameng isu negatif terkait pemilu.

“Kemudian bakohumas memiliki peran yang sangat penting dan strategis terutama mengcounter dan meminimalisir informasi hoax terkait kepemiluan yang ada dimasyarakat,”imbuhnya. ●Red/Geng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *